Kemen ESDM Telah Tetapkan Obvitnas Bidang ESDM

24

26 Juli 2017 — Dalam rangka memberikan pedoman penetapan dan evaluasi Objek Vital Nasional Bidang Energi dan Sumber Dayam Mineral, Menteri ESDM menetapkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 4 Tahun 2017 tentang Objek Vital Nasional Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral pada tanggal 11 Januari 2017.

Dalam Permen tersebut, Objek Vital Nasional Bidang ESDM atau yang disebut Obvitnas Bidang ESDM adalah kawasan atau lokasi, bangunan atau instalasi dan atau usaha yang menyangkut hajat hidup orang banyak, kepentingan negara dan atau sumber pendapatan negara yang bersifat strategis di bidang ESDM. Obvitnas bidang ESDM terdiri dari subbidang minyak dan gas bumi, subbidang ketenagalistrikan, subbidang mineral dan batubara dan subbidang energi baru, terbarukan dan konservasi energi.

Permen tersebut mewajibkan Obvitnas Melaksanakan pengamanan Obvitnas Bidang ESDM sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai sistem manajeman pengamanan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jaminan rasa aman demi kelangsungan obyek vital tersebut dan dapat menjadikan antisipasi dan solusi bisa dilakukan lebih awal terhadap potensi gangguan yang dipengaruhi faktor demografi, geografi, sosial, dan budaya.

Organisasi yang telah ditetapkan sebagai Obvitnas ESDM ini diharapkan dapat menerapkan Sistem Manajemen Pengamanan sesuai regulasi Polri melalui peraturan kapolri nomor 24 tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan untuk organisasi perusahaan dan/atau instansi pemerintah.

Berdasarkan SKEP KAPOLRI no.POL.: SKEP/44/II/2008 Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menunjuk Sucofindo sebagai Badan Audit Independen untuk melakukan Audit pengamanan swakarsa sesuai dengan kaidah dan standar tata kelola pengamanan swakarsa.

Kepala Bagian Sistem Manajemen SBU Serco Sucofindo Triyan Aidil mengatakan sebagai Perusahaan Jasa pemastian yang telah terakreditasi, Sucofindo siap membantu pemerintah untuk mendukung pengamanan Obvitnas bidang ESDM. Kita telah melaksanakan audit SMP untuk organisasi perusahaan dan/atau instansi pemerintah berdasarkan Peraturan Kapolri, dan kini kami juga siap mendukung pemerintah untuk SMP Obvitnas. Terang Triyan. Sampai dengan saat ini menurut Triyan telah tercatat 193 organisasi atau perusahaan yang telah diaudit penerapan SMP. Dan telah ada 142 organisasi mendapatkan sertifikat SMP dari Kepolisian Republik Indonesia yang terdiri dari 107 sertifikat.

Triyan juga mengungkapkan bahwa sebagai BUMN yang telah berkiprah selama 60 tahun Sucofindo memiliki kredibilitas untuk melakukan sertifikasi SMP Kami memiliki pengalaman yang mumpuni, selain itu sebagai BUMN, kami tentu memiliki tanggung jawab untuk turut ambil bagian dalam pengamanan Obvitnas.

Source Kemen ESDM Telah Tetapkan Obvitnas Bidang ESDM

Leave A Reply

Your email address will not be published.