Kembangkan Ekonomi Kerakyatan, Asisten Pemkot Makassar Tekankan Pembaruan Data

31

10/07/2019 | Pemerintah Kota Makassar saat ini tengah berupaya mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Maka dari itu, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar mengadakan workshop di Hotel Aston, Senin, (17/6/2019) guna memberikan konseling dan bimbingan terhadap pelaku usaha.

Dalam kesempatan ini, Asisten I Pemkot Makassar Bidang Pemerintahan, Andi Aziz Hasan, menekankan akan pentingnya pembaruan data dalam pengembangan UMKM.

“Yang paling penting adalah masalah updating (pembaruan) data. Data itu yang sangat dibutuhkan terkait masalah perkembangan UMKM yang ada di kota Makassar ini,” ujar Aziz.

Dia menambahkan, pembaruan data secara berkelanjutan harus selalu ada pada kegiatan pelaksanaan pemerintahan, termasuk di tingkatan kelurahan dan kecamatan.

“Karena kalau ini tidak dilakukan tentu kita tidak bisa membuat suatu rencana yang baik, karena unsur perencanaan yang baik tentu yang didukung dengan data yang baik pula,” tuturnya.

Selain itu, dia juga berharap agar stakeholder lain seperti Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi Kota Makassar untuk bisa bersinergi dalam memberikan konseling kepada pelaku UMKM maupun lembaga yang ada sebagai upaya peningkatan ekonomi kerakyatan.

“Karena Bappeda juga tidak bisa menyusun suatu perencanaan yang baik kalau tidak didukung dengan data-data yang tingkat akurasinya tidak baik,” katanya.

Source Kembangkan Ekonomi Kerakyatan, Asisten Pemkot Makassar Tekankan Pembaruan Data

Leave A Reply

Your email address will not be published.