Kelompok Sadar Wisata Tanam Buah Di Hutan Purwodadi

36

PURWODADI, PERHUTANI (9/1/2016) | Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus menanam berbagai tanaman jenis buah-buahan di wilayah hutan Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Penganten, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Purwodadi. Hal tersebut untuk mencegah bencana banjir dan untuk melestarikan lahan kehutanan.

Ketua Pokdarwis Desa Wonosoco, Lilik Harwawan mengatakan, beberapa jenis tanaman buah yang ditanam antara lain mangga, mindi, nangka, dan sejenisnya. Tanaman itu ditanam di lahan hutan yang digarap oleh warga. ”Supaya lahan tersebut tidak gundul,” katanya.

Dia menilai, bila lahan itu ditanami tumbuhan berbuah, maka setiap warga akan bisa memanfatkan buahnya saja. Dan tidak serta merta akan menebang pohonnya.

Untuk saat ini, Pokdarwis yang terdiri dari 40 anggota itu, sudah bekerja sama dengan pihak Perhutani KPH Purwodadi dalam pengadaan tumbuhan yang ditanam di lahan milik warga.

Menurut Harwawan, yang paling penting ialah lahan hutan yang digarap oleh sekitar 60 warga wonosoco tersebut harus ditanami tumbuhan berbuah. Selain itu, bila ada kawasan hutan yang sudah ada tanaman pohon jatinya, maka akan dipantau dengan polsek dan koramil setempat.

”Sehingga status desa rintisan wisata ini tetap kelihatan hijau. Nantinya juga akan bermanfaat untuk warga,” imbunya.

Source Kelompok Sadar Wisata Tanam Buah Di Hutan Purwodadi

Leave A Reply

Your email address will not be published.