Kelebihan PTPN X Magz

4

Selasa, 27 Januari 2015 | Penerbitan PTPN X Magz hingga saat ini telah sampai pada volume ke-14. Telah banyak prestasi yang telah ditorehkan oleh PTPN X Magz dalam kiprahnya memberikan informasi terkait serba-serbi kinerja dan program PTPN X baik untuk internal perusahaan atau eksternal perusahaan yang membaca majalah tersebut. Berbagai macam prestasi yang dapat diraih PTPN X Magz pada dasarnya tidak lepas dari banyaknya inovasi yang dikembangkan dalam setiap penerbitan PTPN X Magz. Untuk mengkaji lebih dalam mengenai sepak terjang PTPN X Magz yang berhasil meraih berbagai macam prestasi, maka dalam artikel ini penulis akan mencoba mengulas mengenai kelebihan serta perkembangan PTPN X Magz dari volume pertama hingga volume ke-14.

Perkembangan PTPN X Magz pada dasarnya akan terlihat jika kita mengamati dari volume pertama penerbitan PTPN X Magz. Pada edisi pertama, PTPN X Magz telah sukses membawa karakter khas dari PTPN X. Hal ini tercermin dari cover majalah yang menggunakan foto Ir. Subiyono, MMA. dan mengangkat tema besar “PTPN X, Ujung Tombak Industri Gula Indonesia”. Selanjutnya wajah PTPN X Magz berubah pada volume ke-12 dan ke-13. Pada kedua volume ini, cover PTPN X Magz menggunakan ilustrasi cartoon sesuai dengan tema besar yang diusung yakni “Gelombang Perdagangan Bebas” pada volume ke-12 yang digambarkan dengan sekelompok orang yang tengah naik perahu di laut bergelombang, serta tema “ Jalan Terjal Menuju Swasembada” pada volume ke-13 yang digambarkan dengan seorang pemuda yang tengah menempuh jalan yang berliku dengan membawa koper serta menjinjing tas di pundak. Layout yang menyiratkan PTPN X tidak hanya ditunjukkan pada cover majalah saja, melainkan juga ditampilkan pada layout dasar dari artikel-artikel yang dimuat dalam majalah tersebut.

Peningkatan kreativitas dan inovasi semakin diperlihatkan oleh para kru PTPN X Magz, tidak hanya dalam lay outing, namun juga dalam isi majalah yang dibagi ke dalam beberapa rubrik di setiap volume yang diterbitkan. Dari pengamatan penulis, beberapa perkembangan terlihat dari semakin banyaknya kajian yang diusung dalam rubrik yang ada di majalah tersebut. Pada edisi pertama PTPN X Magz, nama-nama rubrik yang digunakan di antaranya adalah kronika, potensi, kisah sukses, pengembangan, sajian utama, wawancara khusus, kata mereka, pendapat, kesehatan, olahraga, wisata, kuliner, rehat, teknologi, opini, lensa, buritan, dan emplasemen. Sedangkan beberapa edisi selanjutnya terdapat tambahan rubrik, misalnya pada volume 7 terdapat tambahan rubrik “Lori (Lorong Aspirasi)”. Pergantian nama rubrik yang mengategorikan artikel-artikel dalam sub-sub bahasan tertentu juga dilakukan guna meningkatkan karakter PTPN X Magz sebagai majalah yang dikelola oleh PTPN X, misalnya dengan mengganti rubrik sajian utama menjadi sukrosa, srikandi menjadi waring (women inspiring), dan sebagainya. Pergantian istilah ini sudah dimulai sejak penerbitan volume ke 11.

Dari perubahan-perubahan yang ditunjukkan oleh PTPN X Magz dalam setiap volumenya, PTPN X Magz terbukti sukses dalam meningkatkan kualitas untuk para pembaca setianya. Hal ini terlihat dari pencapaian besar yang diperoleh PTPN X Magz melalui penghargaan Gold Winner pada ajang InMA oleh SPS tahun 2013, BIMA 2014 (BUMN Internal Award) dengan memperoleh dua penghargaan emas dan satu penghargaan perak. Dua penghargaan emas didapatkan PTPN X Magz untuk volume ke-11, edisi Januari-Maret 2014 dalam dua kategori yang berbeda, kategori yang pertama adalah berkenaan dengan substansi, bahasa dan sistematika terbaik, serta kategori yang kedua adalah berkenaan dengan komposisi desain isi terbaik. Sedangkan penghargaan perak diraih oleh PTPN X untuk volume 8, edisi April-Juni 2013, dalam kategori substansi, bahasa dan sistematika terbaik.

Beberapa perkembangan dan peningkatan baik dari isi atau tampilan yang disajikan oleh PTPN X Magz semakin memperlihatkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh majalah tersebut dibandingkan dengan majalah yang lainnya. Substansi yang lengkap serta kemampuan PTPN X Magz dalam merangkul karya karyawan-karyawan yang ada di PTPN X melalui penerbitan tulisan para pemenang LKTI yang diadakan oleh PTPN X, menjadikan PTPN X Magz tidak hanya sebagai sumber informasi melainkan juga sebagai wadah penyalur kemampuan menulis para karyawan agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Source Kelebihan PTPN X Magz

Leave A Reply

Your email address will not be published.