Kejari Dorong Penyelesaian Urusan Perdata di Pelabuhan Tanjung Perak

22

25 Mei 2016

Surabaya  PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau yang biasa disebut Pelindo III melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Kejaksaan Negeri Tanjung Perak, Surabaya, terkait penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara untuk wilayah kerja Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Rabu (25/5).

“Jalinan kerjasama antara Pelindo III di Pelabuhan Tanjung Perak dengan Kejaksaan Negeri Tanjung Perak ini dilakukan guna membantu penyelesaian urusan perdata dan tata usaha negara, berupa pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lain dengan tujuan melakukan penyelamatan atas keuangan, kekayaan, dan aset negara”, ujar General Manager Pelindo III Tanjung Perak, Joko Noerhudha, di sela acara.

Sebagaimana diketahui, Pelindo III banyak menjalin ikatan kerjasama bisnis dengan berbagai mitra kerja, mitra usaha dan mitra binaan, baik perusahaan, instansi pemerintah maupun swasta, badan usaha, koperasi dan perorangan. Untuk itu, demi meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti beberapa alasan yang membuat pihak-pihak tertentu tidak dapat memenuhi kewajibannya, maka kerjasama ini perlu dilakukan untuk mendukung kegiatan usaha BUMN dapat berjalan dengan lancar.

Kejaksaan pun sebagai aparat penegak hukum tidak hanya berperan dalam hal permasalahan pidana saja, tetapi oleh undang-undang juga telah diberi tugas dapat bertindak sebagai Jaksa Pengacara Negara untuk membantu instansi Pemerintah/BUMN/BUMD dalam menghadapi masalah sengketa perdata dan tata usaha sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Apalagi di masa pemerintahan saat ini, Kejari diberi kepercayaan untuk memberi pendampingan litigasi dan non litigasi, karena mempunyai peran yang sangat dekat dengan pemerintah.

“Kami sudah menjalin kerjasama serupa dengan empat instansi, termasuk Pelindo III. Hal ini juga sebagai upaya bentuk dukungan kami dalam penyelesaian permasalahan perdata dan tata usaha negara yang mungkin timbul. Langkah antisipatif ini kami apresiasi dengan baik”, ujar Bambang Permadi, Ketua Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Perak pada kesempatan yang sama.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan langsung oleh General Manager Pelindo III Tanjung Perak, Joko Noerhudha dan Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Perak, Bambang Permadi yang disaksikan langsung oleh Kasi Datun Kajari Tanjung Perak dan para Deputi General Manager di Pelindo III Tanjung Perak.

Source Kejari Dorong Penyelesaian Urusan Perdata di Pelabuhan Tanjung Perak

Leave A Reply

Your email address will not be published.