Kejari Brebes–Perhutani Gelar Program Binmatkum

48

PEKALONGAN BARAT, PERHUTANI (12/2/2015) Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Barat bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Brebes, Kamis, menggelar kegiatan penerangan hukum tentang Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum (Binmatkum) untuk rimbawan di Pekalongan Barat. Kegiatan yang diadakan di aula Gedung Pertemuan Kantor KPH Pekalongan Barat itu dihadiri Kepala Kejari Brebes Sherly Sumuan, Administratur KPH Balapulang Isnin Soiban, Administratur Pekalongan Barat Anton Fadjar Agung, Waka Adm Haris Setiana, dan perwakilan Asper, KSS, KRPH, Kaur, Pabin, Polmob, serta staf.

Menurut Administratur Perhutani Pekalongan Barat, A. Fadjar Agung Susetyo, kegiatan itu bertujuan agar seluruh personel paham hukum yang berlaku. Sebab, sebuah ketika peraturan hukum sudah diundangkan dan tercatat sebagai dokumen dalam lembaran negara, maka semua warga negara dianggap sudah mengetahuinya.

“Manfaat penyuluhan ini bagi kita adalah menjadi tahu hukum serta bisa membawa diri untuk lebih berhati-hati dan secara pribadi mencegah tindakan melawan hukum. Harapan kami, kerja sama yang selama ini telah terjalin akan terus berlanjut,” tutur Fadjar.

Sementara Kepala Kejari Kabupaten Brebes, Sherly Sumuan, menyatakan, sosialisisi ini dilakukan sebagai penerangan hukum dalam rangka pembinaan masyarakat taat hukum (binmatkum). “Kejaksaan adalah lembaga pemerintah yang melaksanakan kekuasaan negara di bidang penuntutan serta kewenangan lain berdasarkan undang-undang,” ujarnya.

Program Binmatkum ini dilakukan sebagai upaya Kejaksaan memberi pemahaman kepada jajaran rimbawan, agar paham tugas pokok Kejaksaan, tata perundang-undangan yang berlaku, dampak yang ditimbulkan akibat adanya perbuatan melanggar hukum, dan ancaman hukumannya sesuai ketentuan. Hal itu sebagai bekal dalam melaksanakan tugas.

Hukum dibuat untuk mengatur tata kehidupan warga negara. Binmatkum adalah salah satu upaya Kejaksaan secara preventif dan dilakukan oleh Bidang Intelijen Kejaksaan. Sasarannya agar warga negara dapat hidup damai dan tenteram karena taat hukum yang berlaku. “Harapan kami, jalinan kerja sama yang sudah berjalan baik selama ini dapat terus berlanjut dan ditingkatkan secara kelembagaan,” pungkas Sherly.

Source Kejari Brebes–Perhutani Gelar Program Binmatkum

Leave A Reply

Your email address will not be published.