Kegiatan Rutin Donor Darah INKA

67

22 November 2017

Pada hari Selasa PT INKA (Persero) kembali mengadakan acara donor darah yang ditujukan untuk seluruh karyawan. Acara ini merupakan salah satu program dari Divisi Human Capital Bagian Kesejahteraan PT INKA yang dilakukan 3 bulan sekali di PT INKA (Persero) dan merupakan kerjasama dengan PMI Kota Madiun serta Kabupaten Madiun.

“Tidak hanya karyawan INKA saja yang sebenarnya bisa mengikuti event ini, namun apabila dari anak perusahaan seperti IMS yang ingin berkontribusi juga, dengan senang hati tetap kami persilahkan” tutur Diah selaku panitia kegiatan donor darah di PT INKA (Persero).

Untuk dapat ikut dalam kegiatan donor darah PMI Kabupaten Madiun memiliki kriteria berat badan minimal 50 kg, umur di atas 17 tahun, untuk wanita yang sedang menstruasi, hamil dan menyusui tidak diperbolehkan untuk mengikuti kegiatan donor darah, selain itu untuk pegawai yang sedang sakit dan sedang mengkonsumsi obat tidak diperbolehkan mengikuti donor darah. Sebelum diambil darah pihak PMI juga harus mengecek kesehatan setiap karyawan/karyawati seperti tensi, hemoglobin, dan golongan darah.

“Kami akan mengecek dulu tensi atas bawah, Hb (hemoglobin, red.), apabila sesuai maka setelah itu baru proses pengambilan darah,” tutur Andrian Yudi selaku salah satu anggota PMI Kabupaten Madiun.

Setelah proses pengambilan darah tersebut maka pihak PMI akan memeriksa kesehatan darah tersebut di laboratorium PMI untuk mencegah penularan penyakit melalui darah seperti HIV, sifilis, dan penyakit lainnya.

“Apabila nantinya ternyata ada yang memiliki penyakit tersebut, maka sesuai prosedur SOP kami akan langsung sharing ke orangnya masing-masing via surat,” terang Andrian.

Karyawan/karyawati menyambut baik terkait adanya acara donor darah ini. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pegawai INKA yang mengikuti acara tersebut. Total pegawai yang hadir adalah sejumlah 156 orang dengan total pegawai yang bisa diambil darahnya sebanyak 130 pegawai dan 26 pegawai dinyatakan gagal dikarenakan tensi darah yang terlalu rendah/tinggi dan Hb yang tidak sesuai. Banyak pegawai yang memang sudah berkali-kali melakukan donor darah melalui event dari PT INKA seperti salah satu pegawai PT INKA yang mendonorkan darahnya, Supriyono.

“Saya sudah 8 kali mengikuti donor darah dan saya merasa tambah sehat,” tuturnya.

Tidak sedikit juga pegawai yang baru pertama kali mencoba donor darah dan berhasil. Untuk pegawai yang baru mulai mendonorkan darahnya akan diberikan kartu donor darah,

“Kami menyediakan kartu donor darah untuk pegawai yang memang belum pernah melakukan donor darah,” terang Andrian.

Kegiatan donor darah ini nyatanya memang sengaja diselenggarakan untuk pegawai INKA, seperti yang diungkapkan oleh Kurniasih selaku Manajer Kesejahteraan PT INKA (Persero),

“Kegiatan ini diselenggarakan di PT INKA guna untuk mempermudah bagi karyawan/karyawati INKA yang ingin mendonorkan darahnya,” ungkapnya.

Semoga untuk kedepannya akan semakin banyak insan INKA yang berpatisipasi dalam kegiatan positif ini. Untuk manfaatnya sendiri yang akan didapatkan ketika rutin menyumbangkan darah yaitu dapat mengurangi penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan risiko kanker, meningkatkan produksi darah, pikiran lebih stabil, menurunkan kolesterol, serta selain kita dapat membantu sesama dengan darah kita sekaligus merupakan bagian dari pemeriksaan kesehatan. Maka dari itu, yuk kita mendonorkan darah kita untuk sesama dan diri kita sendiri!.

Source Kegiatan Rutin Donor Darah INKA

Leave A Reply

Your email address will not be published.