Keamanan Berlapis Jaga Kunjungan Cruise

20

26 Februari 2016

Lombok – Cruise berbendera Belanda,  MV.Rotterdam tiba di Pelabuhan Lembar, Lombok, NTB, dengan membawa serta 1.319 penumpang yang dilayani oleh 604 orang kru, di penghujung Februari lalu. Pelindo III sebagai pengelola Pelabuhan Lembar menyuguhkan tarian adat Lombok, Gendang Bele’q untuk menyambut para wisatawan mancanegara tersebut.

“Kami senang karena turis tampak menikmati atraksi tarian tradisional tersebut. Terlihat dari banyak di antara mereka yang ikut menari atau minta foto bersama,” kata GM Pelabuhan Lembar Baharuddin. Beberapa penumpang dan kru kapal juga diberi kejutan berupa hadiah selendang dan ikat kepala khas Lombok.

Baharuddin mengatakan, sebagian turis begitu tiba di Lombok mengikuti tur ke kampung adat Sade. Sebagian lainnya berjalan-jalan di sekitar Pelabuhan Lembar. “Mereka berbelanja kain tenun dan pernak pernik khas Lombok dari artshop-artshop lokal yang difasilitasi Pelindo III untuk turut berjualan,” ujarnya. Nantinya saat pembangunan Pelabuhan Gili Mas sudah selesai, maka kapal pesiar yang datang di Lembar akan bisa langsung sandar di dermaga dengan draft alami yang mencapai -16 hingga -18 meter LWS.

Kapal dengan panjang badan lebih dari 250 meter juga dapat langsung sandar. “Kemajuan pelayanan tersebut akan mengurangi cost pada saat berkunjung dan berlabuh. Karena saat ini dalam berlabuh kondisi mesin kapal tetap hidup. Kemudian dari jarak kapal berlabuh membawa penumpang ke ponton sekitar 30 menit, dari sisi waktu akan banyak berkurang pada saat embarkasi dan debarkasi,” jelasnya lebih lanjut.

Pelindo III benar-benar serius dalam memastikan keamanan selama kunjungan cruise internaional. “Kebanyakan penumpang merupakan lansia berumur di atas 60 tahun, karena itu diterapkan pengawalan menggunakan KT Anggada,” tambah Baharuddin. Selain itu juga masih diperkuat oleh penjagaan port security, Kantor Syahbandar, dan Otoritas Pelabuhan, beserta Polsek Kawasan Pelabuhan. Di wilayah perairan juga dijaga oleh Petugas Patroli perairan milik KPLP dan Petugas Patroli milik Polairud Lembar.

Source Keamanan Berlapis Jaga Kunjungan Cruise

Leave A Reply

Your email address will not be published.