Kawasan Industri Terintegrasi Pangkas Biaya Logistik 20%

21

16 Februari 2016

Surabaya – Menteri Perindustrian Saleh Husin berpendapat, pembangunan kawasan industri yang menggunakan konsep integrasi infrastruktur dapat efektif meningkatkan efisiensi dan menurunkan biaya logistik hingga 20 persen. “Industri yang masuk ke kawasan akan diuntungkan dengan fasilitas yang mendukung produksi dan sekaligus memangkas ‘cost’ dalam jangka panjang. Ini magnet yang kuat bagi pabrik dan perusahaan,” kata Saleh dikutip dari Antara, Minggu (14/2/2016).

Ia menyampaikan pandangan tersebut saat mengunjungi kawasan industri Java Integrated Industrial Port and Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur, Minggu (14/2/2016). JIIPE, yang mengintegrasikan pelabuhan, jaringan kereta dan jalan tol terletak berdiri di atas lahan seluas 2.933 hektare dengan penyerapan investasi saat ini sebesar 500 juta dolar AS dari estimasi total penyerapan penanaman modal Rp50 triliun.

Dari sisi pasokan energi, JIIPE berencana akan membangun tiga pembangkit listrik terdiri dari PLTG 15 MW, PLTG 500 MW dan PLTB 660 MW. Masing-masing pembangkit itu akan mulai beroperasi mulai kuartal I 2017, kuartal IV 2018 dan kuartal IV 2020. Saleh mengungkapkan, saat ini telah terserap 3.000 tenaga kerja pada tahap konstruksi dan setelah beroperasi penuh, maka JIIPE akan menyerap 100 ribu tenaga kerja. Menurut Presiden Direktur PT AKR Haryanto Adikoesoemo industri yang akan dikembangkan antara lain industri berat, industri berbasis CPO, industri menengah, ringan hingga otomotif.

“Sekarang sudah ada dua industri yang membangun konstruksi pabrik di sini, Clariant yaitu perusahaan kimia asal Jerman dan Unichem di bidang garam serta ada dua lagi akan masuk di tahun ini. Pelabuhan juga sudah digunakan untuk bongkar muat pupuk,” katanya. Kerja sama dengan Pelindo III, imbuhnya, memberikan manfaat bagi industri yang berada di kawasan JIIPE, yaitu mendapat fasilitas infrastruktur, penghematan biaya produksi dan kemudahan perizinan. SAW

Source Kawasan Industri Terintegrasi Pangkas Biaya Logistik 20%

Leave A Reply

Your email address will not be published.