Kartu IUMK Berikan Kepastian Hukum

60

Senin, 09 Maret 2015 | 11:25

Jakarta – Guna menjawab kepastian hukum dan sarana pemberdayaan bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) dalam membangun dan mengembangkan usahanya. PT BRI Tbk dengan tiga kementerian, yakni Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UMKM serta Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippindo) melakukan launching kartu Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) di Aula KUD Dampit Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim) sabtu, pekan lalu.

Pada kesempatan tersebut sekaligus dilakukan launching KUD Dampit sebagai Distributor Pupuk Bersubsidi, Bantuan Fasilitasi Pembuatan Akta Pendirian Koperasi dan Pembukaan Pelatihan Kewirausahaan bagi calon Wirausaha Pemula.

Dengan telah diluncurkannya IUMK selanjutnya para Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) akan mendapatkan pendampingan untuk usaha baru, mendapatkan akses pembiayaan ke lembaga keuangan bank dan non bank, mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan upaya pemberdayaan dari pemerintah atau lembaga lainnya, serta perlindungan terhadap usahanya.

Selanjutnya Asippindo bersama anggota yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, siap memberikan penjaminan bagi PUMK yang telah mendapat IUMK yang diterbitkan oleh BRI di setiap kantor kecamatan guna memperoleh kredit yang akan disalurkan perbankan.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut merupakan bagian dari Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Kecil, Mikro dan Menengah, Peraturan Presiden No.98 Tahun 2014 tentang Perizinan untuk Usaha Mikro dan Kecil dan Permendagri No. 83 Tahun 2015 tentant Pedoman Pemberian Izin Usaha Mikro dan Kecil.

Dapat disampaikan anggota Asippindo terdiri dari 18 perusahaan penjaminan yaitu Perum Jamkrindo, PT Penjaminan Jamkrindo Syariah, PT PKPI, PT UAF Jaminan Kredit, PT Jamkrida Jabar, PT Jamkrida Jatim, PT Jamkrida Banten, PT Jamkrida Sumsel, PT Jamkrida Riau, PT Jamkrida Sumbar, PT Jamkrida Babel, PT Jamkrida Bali Mandara, PT Jamkrida NTT, PT Jamkrida NTB, PT Jamkrida Kaltim, PT Jamkrida Kalteng, PT Jamkrida Kalsel, PT Jamkrida Papua.

Dimana dalam kerjasama ini Asippindo melalui anggota Asippindo akan berperan dalam memberikan penjaminan atas kredit yang disalurkan oleh Perbankan kepada PUMK yang telah menerima kartu IUMK.

Peluncuran penerbitan kartu IUMK sebelumnya sudah dilakukan di Denpasar Bali tepatnya di Kantor Camat Denpasar Barat yang dihadiri oleh para pelaku UMKM di Denpasar Barat Bali, BRI, Kementerian Koperasi dan UMKM serta Asippindo

Source Kartu IUMK Berikan Kepastian Hukum

Leave A Reply

Your email address will not be published.