Kapal Viking Singgah Di Pelabuhan Tanjung Perak

29

19 Mei 2016

Surabaya  Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya kedatangan ‘tamu istimewa’, yakni Sørlandet, kapal latih yang mirip dengan KRI Dewa Ruci. Kapal yang dibuat di negara asal Bangsa Viking, Norwegia, pada tahun 1927 tersebut tiba Senin (16/5) dan akan sandar sampai 25 Mei 2016.

“Kapal Sørlandet membawa para pelajar dari berbagai negara seperti Amerika, Kanada, Norwegia, dan Meksiko,” kata Jill Hughes, Second Mate (Perwira Kedua) Kapal Sørlandet. Para siswa yang berada di Kapal Sørlandet bukan merupakan pelajar dari akademi pelayaran atau maritim, melainkan siswa dan siswi SMA yang rata-rata berusia 18-19 tahun.

”Selain mempelajari ilmu maritim, di atas kapal mereka belajar pelajaran seperti di sekolahnya, seperti ilmu pengetahuan dan sejarah,” ujarnya.

Kapal yang memiliki panjang 65 meter, lebar 9 meter, dan berat 499 GRT tersebut datang langsung dari Norwegia dan melintasi beberapa negara, seperti Tahiti, Fiji, Australia, Singapura, Hongkong, dan tentunya Indonesia.

“Sørlandet telah berlayar hampir sepuluh bulan,” ujar kru perempuan asal Negeri Paman Sam tersebut.

Kapal yang telah berusia lebih dari 80 tahun itu, sejak awalnya merupakan kapal latih bagi para calon kru kapal yang akan berlayar dengan kapal-kapal yang diperuntukan untuk perdagangan. Kapal ini bergerak dengan menggunakan layar. Namun saat ini kapal juga dilengkapi dengan mesin.

”Kami lebih suka menggunakan layar dari pada mesin. Mesin hanya kami gunakan pada saat mau sandar saja,” tandasnya.

Source Kapal Viking Singgah Di Pelabuhan Tanjung Perak

Leave A Reply

Your email address will not be published.