Kapal Ternak KM Camara Nusantara I Merapat di Pelabuhan Tenau Kupang

24

01 Maret 2016

Kupang – KM (Kapal Motor) Camara Nusantara I merapat di Pelabuhan Tenau Kupang setelah bertolak dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Kapal yang khusus mengangkut hewan ternak ini tiba di Pelabuhan Tenau Kupang Senin pagi (29/02) pukul 08.00 waktu setempat, dan pada Selasa (01/03) akan bertolak ke Pelabuhan Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Kapal dengan panjang 68,78 meter dan berat 1.587 GT (gross tonage) ini memiliki kapasitas muat sapi sebesar 500 ekor. Sapi dimuat dari wilayah NTT yang dikenal memiliki kualitas sapi unggul, untuk kemudian dikirimkan ke Jakarta.

“Ini dari Kupang akan diangkut 400 ekor sapi, selanjutnya akan menuju ke Waingapu untuk mengangkut 100 ekor sapi”, ungkap salah satu anak buah kapal.

Kapal buatan Indonesia ini berbeda dengan kapal-kapal pengangkut hewan ternak sebelumnya yang mengakibatkan hewan ternak stress selama perjalanan. Sapi di atas kapal ini mendapatkan fasilitas yang memadai, seperti ruang klinik, ruang isolasi, tempat minum otomatis, dan juga petugas yang memantau kondisi sapi selama perjalanan. Fasilitas-fasilitas ini ditujukan untuk menunjang kenyamanan hewan ternak hingga tiba di tujuan. Sebagai salah satu pelabuhan feeder (pengumpan), Pelabuhan Tenau Kupang sudah beberapa kali mendapatkan kunjungan kapal tol laut. Sejak Desember 2015 lalu, KM Camara Nusantara I telah berkunjung ke Pelabuhan Tenau Kupang sebanyak 4 (empat) kali. Ketika ditanya masalah kesiapan fasilitas pelabuhan, General Manager Pelindo Tenau Kupang mengaku tidak ada masalah.

“Pelabuhan kami siap menerima kunjungan kapal-kapal tol laut. Dari segi kebersihan, kami menyiapkan petugas cleaning serviceyang stand by di area dermaga untuk membersihkan rumput-rumput pakan sapi setelah kegiatan muat selesai. Kami juga melakukan penertiban terhadap pedagang kaki lima untuk menunjang kenyamanan dalam kegiatan bongkar muat,” ungkap Denny.

Source Kapal Ternak KM Camara Nusantara I Merapat di Pelabuhan Tenau Kupang

Leave A Reply

Your email address will not be published.