Kapal Perang KRI Hasanudin Adakan Open Ship

25

28 April 2016

Cilacap – Kapal perang RepubIik Indonesia sandar di Dermaga VI Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap, Jawa Tengah pada Rabu (27/4). Kapal perang tersebut yakni KRI Hasanudin dengan nomor lambung 366 ini merupakan kapal kedua dari kapal perang jenis Perusak Kawal Berpeluru Kendali kelas SIGMA milik TNI AL. KRI Sultan Hasanudin-366 yang di Komandani oleh Letkol Laut (P) Sandharianto ini merupakan kapal perang jenis perusak kawal berpeluru kendali kelas Sigma dengan Crew 90 orang, panjang 90,71 meter, lebar 13,02 meter dengan draft 3,60 meter yang masuk dalam jajaran satuan Kapal Eskorta Komando Armada Timur (Satkor Koarmatim).

“KRI Hasanudin merapat di Dermaga VI Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap sekitar pukul 14.50 WIB setelah sebelumnya sandar di Dermaga I Pelabuhan Tanjung Intan pada Minggu lalu (20/4) dan bertolak pada tanggal 24 April, kemudian sandar kembali pada Rabu lalu (27/4),” tutur General Manager PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Intan Cilacap, Fariz Hariyoso.

Kapal perang Republik Indonesia tersebut sandar di Cilacap yang sebelumnya telah bertugas di Padang selesai melaksanakan misi mengikuti Multilateral Exercise Komodo 2016, Intern Fleet Review (IFR) dan Western Pacific Naval 2016 yang diselenggarakan pada tgl 12 sampai dengan 16 April 2016 di Lantamal II Padang. Rencananya KRI Hasanudin akan bertolak dari Pelabuhan Tanjung Intan pada Sabtu (30/4) menuju ke Waingapu, Nusa Tenggara Timur.

Selama berada di Cilacap, KRI Sultan Hasanudin-366 melaksanakan beberapa kegiatan antara lain bekal ulang bahan bakar, air tawar dan bahan makanan. Selain itu, juga melaksanakan open ship sampai dengan hari Sabtu (30/4). Bagi pelajar dan masyarakat umum kota Cilacap dapat melihat secara langsung KRI Sultan Hasanudin-366 secara fisik termasuk alat peralatan dan persenjataan yang ada di kapal perang tersebut. Selain itu juga diadakan gala dinner yang mengundang instansi unsur maritim, Bupati Cilacap, H. Tatto Suwarto Pamuji dan sejumlah pejabat daerah Kabupaten Cilacap.

“Hal ini merupakan kesempatan yang langka, karena harus menunggu setahun sekali untuk dapat merasakan gala dinner di atas Kapal Perang RI yang sedang sandar di Pelabuhan Tanjung Intan,” ungkap Tatto saat memberikan sambutan.

Source Kapal Perang KRI Hasanudin Adakan Open Ship

Leave A Reply

Your email address will not be published.