Kapal Bermuatan Ribuan Ton Gandum Tiba di Pelabuhan Tanjung Intan

11

10 Maret 2016

Cilacap – MV Twinluck, kapal berbendera Panama dengan berat 19.817 Gross Tonnage (GT) dan panjang (LoA) 175 meter ini sandar perdana di Dermaga VI Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, Jawa Tengah, pada Jumat lalu (4/3). Sebanyak 12.850 ton biji gandum asal Australia tersebut dibongkar langsung oleh Pelindo III. Biji gandum merupakan bahan baku pembuatan tepung terigu dan digunakan sebagai bahan dasar pembuat kue, mi, roti, dan pasta.

“Kegiatan bongkar muat biji gandum yang berlangsung sejak Jumat lalu tersebut membutuhkan waktu sampai dengan 3 hari sampai semua muatan selesai dibongkar dengan kinerja mencapai 4.283 ton per hari atau 153 ton per jam,” ungkap Supervisor Bongkar Muat Pelabuhan Tanjung Intan, Umar Halil.

Berbeda dari biasanya, alat yang digunakan untuk membongkar biji gandum tersebut menggunakan super tower (conveyor) di mana biji gandum langsung disedot menggunakan pipa yang dipasang pada palka kapal yang langsung terhubung dengan PT Panganmas Inti Persada sebagai pabrik pemasok biji gandum tersebut yang letaknya masih di dalam area Pelabuhan Tanjung Intan. Biji gandum itu nantinya akan diolah menjadi tepung terigu ke seputaran Jawa Tengah meliputi Purwokerto, Solo, Yogyakarta, Banyumas, Tegal, Cirebon, Kuningan, Bandung, Klaten dan sebagian kecil ke Jakarta dan Surabaya. General Manager PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Intan, Fariz Hariyoso mengungkapkan bahwa selama bulan Maret 2015 ada tiga kapal perdana yang akan sandar di Pelabuhan Tanjung Intan dengan membawa muatan biji gandum.

“Setelah MV Twinluck yang baru selesai dibongkar pada Senin lalu (7/3), hari ini telah sandar MV. Anemone dan rencana juga akan sandar MV. Tamarita pada Selasa mendatang (15/3) yang ketiganya merupakan kapal perdana yang sandar di Pelabuhan Tanjung Intan dan bermuatan biji gandum,” ujar Fariz.

Fariz menambahkan bahwa sepanjang tahun 2015 ada 5 kapal muat biji gandum yang masuk di Pelabuhan Tanjung Intan dengan jumlah muatan 128.597 ton.

“Sejauh ini, bongkar muat biji gandum memang belum menjadi komoditas utama. Saat ini komoditas utama yang dibongkar di Pelabuhan Tanjung Intan masih didominasi oleh curah kering yaitu batubara. Tercatat sepanjang tahun 2015, bongkar batu bara di Pelabuhan Tanjung Intan sebanyak 853.384 ton,” jelasnya.

Source Kapal Bermuatan Ribuan Ton Gandum Tiba di Pelabuhan Tanjung Intan

Leave A Reply

Your email address will not be published.