Kampung Ciherang Buat Piknik Asyik di Sumedang

53

(29/08/2018) | Mau mencari udara segar dan alam yang hijau, datanglah ke Sumedang. Tepatnya ke Kampung Ciherang yang bikin betah dan asyik didatangi bareng keluarga.

Pernah mendengar Sumedang? Salah satu kabupaten di Jawa Barat ini sekarang tengah berbenah dan mengembangkan wisata alamnya. Daerah yang terletak di timur Bandung ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Indramayu di sebelah utara, Kabupaten Majalengka di sebelah timur, Kabupaten Garut di sebelah selatan, Kabupaten Bandung di sebelah barat daya, dan Kabupaten Subang di sebelah barat.

Sebagian besar wilayah Sumedang berupa pegunungan sehingga tidak heran kalua cuaca di Sumedang cenderung dingin dan sejuk. Salah satu pegunungan yang menarik untuk dikunjungi di Sumedang adalah Gunung Cijambu. Di wilayah ini, ada salah satu tempat ekowisata yang bernama Wana Wisata Kampung Ciherang. Lokasi tepatnya berada di Desa Cijambu, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

Beberapa waktu lalu, saya dan anak-anak berkunjung kemari. Kami menikmati berbagai fasilitas yang disediakan di Wana Wisata yang hutannya masih dikelola oleh Perhutani ini. Ada play ground atau taman bermain anak, flying fox, sepeda gantung, trekking, kolam renang anak, arung jeram, kolam bebek kayuh, saung, air terjun mini, dan beberapa fasilitas lainnya.

Ohya, ada pula beberapa spot yang sengaja disediakan oleh pihak pengelola supaya pengunjung bisa berswafoto (selfie). Pengelola rupanya sudah melihat peluang bahwa wisatawan saat ini senang berfoto dan mengabadikan perjalanan wisatanya di blog maupun di media sosial mereka.

Tempat wisata ini sungguh sejuk dan asri. Airnya juga masih dingin sekali. Jajaran pohon pinus masih berdiri dengan tegaknya. Oleh karena itu tempat ini disebut sebagai wana wisata karena memang kita disuguhi dengan sejuknya alam pegunungan yang saat ini banyak dirindukan oleh kaum urban. Cocok sekali bagi mereka yang menyukai wisata outdoor seperti kami. Tidak hanya untuk anak-anak saja, namun Wana Wisata Kampung Ciherang juga cocok bagi dewasa.

Wana Wisata Kampung Ciherang buka setiap hari dari pukul 08.00 – 16.00 WIB. Tempat ini masih tergolong tempat wisata baru karena diresmikannya sektiar satu tahun lalu. Maka tidak heran jika banyak wisatawan lokal yang penasaran ingin dating ke sini menikmati keindahan alamnya sambil outbound.

Harga tiket masuknya Rp 35.000 sudah termasuk dengan biaya tiket terusan untuk menikmati beberapa wahana.

Untuk menuju ke sini, kita memang perlu menggunakan kendaraan pribadi, baik motor, mobil maupun bus kecil. Belum ada angkutan umum yang menjangkau wilayah ini.

Beragam kuliner lokal juga tersedia. Ada bakso, mie, gorengan, bandrek, dan lainnya. Makanan ini dijajakan oleh penduduk local yang memang memiliki warung khusus di dalam tempat wisata alam ini. Jadi, jika kita tidak sempat membawa bekal dari rumah, kita tidak perlu kelaparan. Jajan atau beli makanan saja. Perut aman, wisata nyaman.

Jika kita termasuk wisatawan yang menyukai sensasi berkemah, kita bisa juga loh bermalam di salah satu tempat wisata Indonesia yang ciamik ini. Untuk berkemah, kita perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 25.000 per orang. Peralatan berkemah bisa bawa sendiri dari rumah. Namun jika tidak punya, pihak pengelola menyediakan peralatan berkemah seperti tenda, hammock, dan perlengkapan lain.

Namun jika teman-teman tidak terlalu menyukai kegiatan berkemah, kita bisa saja kok cari penginapan yang dekat dengan lokasi Kampung Ciherang ini. Saat ini kita tidak perlu repot jika ingin mencari penginapan. Salah satu situs pemesanan hotel yang terpercaya saat ini adalah @pegi_pegi. Di situs atau di aplikasi Pegipegi, kita bisa memesan hotel yang bisa disesuaikan lokasi dengan dimana kita ingin menginap. Misalnya dekat dengan Stasiun Bandung atau ITB dan lain-lain.

Source Kampung Ciherang Buat Piknik Asyik di Sumedang

Leave A Reply

Your email address will not be published.