KAI Memeriahkan Hari Anak Nasional 2019

27

23.07.2019 | Hari Anak Nasional diresmikan lewat Kepres Nomor 44 Tahun 1984 yang diteken 4 hari sebelum perayaan. Perayaan HAN yang pertama ditandai dengan Konperensi Nasional Pembinaan dan Pengembangan Kesejahteraan Anak di Istana Negara, yang digelar berbarengan dengan Kongres ke-4 KNPI di Binagraha.

Hari Anak  Nasional  yang jatuh pada tanggal 23 Juli ini dicetuskan oleh Presiden Soeharto melalui Keputusan Presiden RI Nomor 44 tahun 1984. Soeharto melihat bahwa anak-anak merupakan aset kemajuan bangsa, sehingga sejak tahun 1984 berdasarkan Keputusan Presiden RI No 44 tahun 1984, ditetapkan setiap tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional (HAN).

Hari anak nasional mengundang antusias masyarakat serta lembaga-lembaga untuk merayakannya dengan berbagai kegiatan dan lomba-lomba. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) juga turut menyemarakan hari anak nasional dengan mengadakan kegiatan di berbagai daerah operasional dan divisi regional di Pulau Jawa dan Sumatera pada Selasa, (23/7).

“Selain untuk menyemarakkan peringatan Hari Anak Nasional, kegiatan ini juga sebagai wujud apresiasi kami kepada para pengguna jasa setia kereta api yang telah memilih kereta api sebagai moda bepergian jarak jauhnya bersama anak,” ujar Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro.

Kegiatan yang dilakukan diantaranya seperti edutrain yang dilakukan di rangkaian kereta api lokal Pangrango relasi Bogor – Sukabumi. Kegiatan tersebut dilakukan dengan mengajak anak-anak naik kereta api lokal secara gratis. Tidak ketinggalan Daop 5 Purwokerto juga turut memeriahkan HAN dengan  mengundang anak-anak TK dari beberapa sekolah untuk naik KA Gratis. Mereka naik KA Joglosemarkerto dari stasiun Purwokerto menuju stasiun Bumiayu, dan kembali KA Sawunggalih dari stasiun Bumiayu menuju stasiun Purwokerto. Dalam perjalanan mereka diberikan pembelajaran agar lebih mengenal dan memahami dunia perkeretaapian. Selain itu, dilakukan juga lomba mewarnai seperti di Stasiun Bandung, Stasiun Madiun, Stasiun Kertapati, Stasiun Cirebon, Stasiun Ambarawa.Di daerah operasional 8 Surabaya anak – anak juga diajak untuk berwisata dengan nuansa sejarah menggunakan kereta api, mereka diajak mengunjungi Museum 10 Nopember.

Perayaan Hari Anak Nasional ini juga sebagai wujud apresiasi kepada para pengguna jasa setia kereta api sebagai pilihan untuk melakukan perjalanan jarak jauhnya bersama anak. “Secara bertahap, KAI akan terus berupaya menghadirkan layanan yang menjawab kebutuhan penumpangnya, termasuk penumpang anak-anak. Kami tentu berharap kereta api menjadi transportasi massal yang melekat di hati anak-anak dan dicintai hingga mereka bertumbuh dewasa. Dengan demikian, mereka memiliki kenangan perjalanan yang menyenangkan bersama kereta api. Selamat Hari Anak Nasional! Semoga anak-anak Indonesia bertumbuh dan berkembang menjadi anak-anak kebanggaan keluarga dan bangsa Indonesia,” pungkas Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro.

Source KAI Memeriahkan Hari Anak Nasional 2019

Leave A Reply

Your email address will not be published.