KAI Berangkatkan 32 Peserta SMN Sumatera Barat ke Kalimantan Selatan

19

15.08.2019 | PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjadi PIC dalam program BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Sumatera Barat. Salah satu kegiatan yang diselenggarakan yaitu program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019. Dalam program ini, KAI bersama BUMN lainnya memberangkatkan sejumlah 32 orang yang telah terpilih menuju Kalimantan Selatan sebagai peserta SMN Provinsi Sumatera Barat. Seremoni pelepasan peserta diselenggarakan di Pelanta Balaikota Padang, Rabu malam (14/8) oleh Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, Kabid Monitoring & Evaluasi TJSL Kementrian BUMN, Sandra Firmania. Acara pelepasan peserta juga dihadiri oleh VP KAI Divre II Padang, Fredi Firmansyah dan VP Corporate Social Responsibility (CSR) KAI, Agus Supriyono, serta perwakilan dari BUMN lainnya.

Terkait SMN, Sandra Firmania mengatakan bahwa dari acara ini, para peserta diberangkatkan menuju Kalimantan Selatan dan disini juga akan menerima murid SMN dari Kalimantan Selatan. Ia juga menyampaikan pesan kepada murid SMN untuk membawa nama baik Sumatera Barat di Kalimantan Selatan.

“Disana kalian memiliki jadwal yang begitu padat, sesuai yang disampaikan ada pembekalan kesenian, ilmu pengetahuan baik dari BUMN, masyarakat sekitar, dan Pemda dari Kalimantan Selatan. Sehingga yang dibutuhkan dari kalian adalah kesiapan fisik, mental untuk melakukan kegiatan itu, ambil positifnya, berikan yang terbaik, sehingga nama baik Sumatera Barat berkibar di Kalimantan Selatan,” ujarnya. Ia berharap ketika kembali ke Sumatera Barat, peserta memiliki ilmu pengetahuan baru, dan mampu menyampaikan informasi yang didapat dari Kalimantan Selatan, sehingga Program SMN ini menyebar dan dapat berkelanjutan seterusnya.

Sebelum diberangkatkan, KAI juga melakukan pembekalan kepada para peserta melalui pengenalan perkeretaapian dengan mengunjungi kantor KAI Divre II Padang. Sebelumnya pada saat tahap seleksi, peserta juga sudah dibekali pengetahuan terkait perkeretaapian dan diajak menikmati perjalanan dengan KA Minangkabau Ekspres tujuan Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Selanjutnya para peserta yang telah terpilih diajak lebih dalam mengenal perkeretaapian dengan mengunjungi KAI Divre II Padang. Para peserta diajak mengunjungi Depo Lokomotif Padang, Depo Kereta Padang, dan Balai Yasa Padang dengan didampingi oleh jajaran Divre II.

“Tidak semua SMN 2019 bisa mengenal sejarah kereta api di Sumbar, dan kami ingin peserta yang berangkat ke Kalimantan Selatan menjadi duta informasi juga terkait perkembangan dan kemajuan kereta api di Sumbar,” kata VP KAI Divre II Padang, Fredi Firmansyah.

Fredi menyatakan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pengalaman yang berharga kepada para peserta SMN dalam rangkaian acara BUMN Hadir Untuk Negeri. Ia berpesan kepada para peserta untuk megenalkan kebudayaan Sumatera Barat, transportasi yang dimiliki khususnya kereta api, kotanya, dan lain-lain. “Kami titip kepada peserta selalu menjaga diri dan ingat bahwa anda adalah Duta Sumatera Barat,” tutupnya.

Sementara itu, Mahyeldi selaku Walikota Padang mengatakan bahwa para murid dari Sumatera Barat mendapat dukungan dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri melalui Siswa Mengenal Nusantara, yang mana mereka dapat mengenal provinsi lain di Indonesia. “Tentu ini menjadi pengalaman baru, cerita baru, dan diharapkan dapat menghadirkan inovasi & kreatifitas baru dari murid SMN,” ujarnya. Lebih lanjut, ia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas partisipasi yang diberikan kepada daerah, dan juga kepada murid peserta SMN.

Source KAI Berangkatkan 32 Peserta SMN Sumatera Barat ke Kalimantan Selatan

Leave A Reply

Your email address will not be published.