Kadivre Perhutani Jateng Dorong Optimalisasi Agroforestry LMDH di Kenjuran

2

KEDU UTARA, PERHUTANI (04/07/2019) | Kepala Divisi Regional Jawa Tengah, Endung Trihartaka mengunjungi petak 13 wilayah kerja Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Kenjuran, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Candiroto, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara, Kamis (04/07).

Kunjungan kerja ini dilaksanakan dalam rangka pencapaian target agroforestry Perhutani KPH Kedu Utara tahun 2019. Pengelolaan agroforestry di lokasi tersebut dikerjasamakan dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sedukun Watu Tumpang Desa kalipakis Kecamatan Patean Kabupaten Kendal.

Dalam keterangannya Endung Trihartaka menyampaikan apresiasi untuk akuntibilitas di bidang agroforestry. “Kami berharap ke depan dapat melakukan penyulaman tanaman cengkeh, pemeliharaan dan pemupukan guna meningkatkan serta mendongkrak pendapatan sektor agroforestry”, ujarnya.

Administratur Perhutani KPH Kedu Utara Damanhuri berharap LMDH dapat meningkatkan pendapatan melalui PLDT Tanaman Kopi dan Cengkeh. “Kami juga menghimbau agar seluruh masyarakat turut berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan kelestarian hutan”, tegasnya.

Salah satu anggota LMDH Sedukung Watu Tumpang Muspriyo mengucapkan terima kasih kepada Perhutani atas kesempatannya turut mengelola hutan. “Kami merasa bersyukur dengan kerjasama ini sehingga kami telah berkali-kali mendapatkan Sharing Bagi Hasil Cengkeh dan dapat menjalankan usahanya selain itu juga beraktivitas dalam Pemanfaatan Lahan Dibawah Tegakan (PLDT) Kopi Robusta dan tanaman cengkeh serta pemberdayaan masyarakat sekitar hutan dalam memenuhi kebutuhan keluarganya. Saya berharap kerjasama dengan Perhutani KPH Kedu Utara dapat berkesinambungan dan berkelanjutan”,ujarnya.

Source Kadivre Perhutani Jateng Dorong Optimalisasi Agroforestry LMDH di Kenjuran

Leave A Reply

Your email address will not be published.