Juni Terminal 3 U Soetta Dioperasikan

37

25 Mei 2016

Jakarta – Bandara Soekarno-Hatta (Soeta) Jakarta sebentar lagi akan memiliki wajah baru dengan hadirnya Terminal 3 Ultimate (3 U), terminal besar yang dibangun dengan elegan, modern, dan penuh dengan kearifan lokal. Terminal yang mulai dibangun tahun 2013 itu dipastikan segera selesai dan mulai dioperasikan pertengahan Juni mendatang. Wartawan Serambi Indonesia, Subur Dani dan jurnalis dari daerah lain, Kamis (19/5) berkesempatan melihat langsung pembangunan terminal tersebut bersama Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi dan pejabat Angkasa Pura II lainnya.

Terminal 3 Ultimate berada dekat Terminal 1 dan 2 Bandara Soetta. Untuk masuk ke terminal itu, harus melewati jalan layang yang sudah rampung dikerjakan namun belum dibuka untuk umum. Setibanya di terminal, kesan mewah langsung terlihat, kaca-kaca besar dengan tiang menjulang tinggi tampak memperkokoh dan memperindah tampilan terminal tersebut. Pekerja masih memacu pekerjaan mereka di semua sudut bangunan. Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi menyebutkan, Terminal 3 Ultimate memiliki panjang sekitar satu kilometer dengan luas 422.804 meter persegi. Terminal yang mampu menampung 25 juta penumpang ini dilengkapi dengan kecanggihan teknologi yang mumpuni.

“Akhir Mei, kita pastikan konstruksinya sudah siap dan kita targetkan pertengahan Juni mulai beroperasi melayani masyarakat, terutama untuk mudik lebaran. Terminal 1 dan 2 tetap seperti biasa, tapi nanti semua penerbangan internasional pindah ke Terminal 3 Ultimate,” kata Budi Karya.

Sebelum beroperasi, lanjutnya, PT Angkasa Pura II memberi kesempatan kepada Garuda Indonesia melakukan simulasi operasi terminal tersebut. Dikatakan, pihaknya akan mendatangkan 1.000-2.000 penumpang melalui terminal itu sebagai ujicoba dan perkenalan teknis terminal bagi masyarakat.

“Bagi mereka yang ke Jakarta saat mudik nanti, akan landing di sini. Garuda akan mengoperasikan semua penerbangannya baik domestik maupun internasional di terminal ini,” ungkap Budi.

Terminal 3 Ultimate memiliki lima lantai. Lantai dasar digunakan sebagai terminal kedatangan, lantai dua terminal keberangkatan, dan selebihnya sebagai perkantoran. Untuk desain, sebutnya, Angkasa Pura II menghadirkan kombinasi internasional.

“Namun, kita tidak lupa menghadirkan kearifan lokal. Terminal ini kita tata dengan konsep art and culture. Ada beberapa karya seniman Indonesia yang kita pajang di sini untuk memperindah interior terminal,” timpal Budi.

Budi Karya Sumadi juga menyebukan, Terminal 3 Ultimate Soetta dilengkapi dengan kecanggihan fasilitas guna meningkatkan pelayanan bagi penumpang. Kecanggihan dimaksud seperti penanganan bagasi secara otomatis (baggage handling system) yang terletak di dekat pintu masuk terminal. Sistem ini mempermudah penumpang, karena langsung bisa mengurus barangnya masuk ke bagasi yang dikerjakan secara komputerisasi dengan barcode yang ada di barang mereka.

“Kecanggihan lainnya seperti CCTV, kamera CCTV memantau semua pergerakan dalam terminal, mulai penumpang hingga barang. Jika ada barang tertinggal, kamera yang akan menyorot dan langsung diamankan petugas, bahkan kalau ada DPO yang sebelumnya sudah dimasukkan dalam program CCTV ini. Orang itu akan terdeteksi dan memudahkan petugas untuk memantaunya,” ujar Budi.

Selain itu, Terminal 3 Ultimate juga dilengkapi 34 area security chek point, 44 garbarata, serta 59 apron untuk parkir pesawat.

“Untuk boarding gate sendiri ada 28 gate, sedangkan areal parkir bisa menampung 2.400 kendaraan,” pungkas Budi Karya Sumadi.

Source Juni Terminal 3 U Soetta Dioperasikan

Leave A Reply

Your email address will not be published.