Jumlah Wisatawan ke Bandung Selatan Meningkat

23

18 Mei 2015 —¬†Bandung, Berbagai objek wisata di kawasan Bandung Selatan ramai dikunjungi wisatawan selama libur panjang pekan ini. Wisatawan datang dari dalam dan luar negeri banyak yang datang untuk menikmati keindahan alam Bandung Selatan. Bagian pemasaran objek wisata Kawah Putih, Dedi Heryana mengatakan, selama libur panjang pekan ini tingkat kunjungan melonjak cukup signifikan. Per hari rata-rata 6.000 sampai 10.000 wisatawan datang ke lokasi. Lonjakan pengunjung ini, kata dia, terjadi sejak Senin sudah mulai terlihat. Sedangkan puncaknya terjadi pada Sabtu.

“Kalau hari ini memang masih cukup banyak tapi tidak sepadat empat hari kemarin. Mungkin hari ini para wisatawan sebagian sudah mulai bersiap pulang ke tempatnya masing-masing,” kata Dedi, Minggu (17/5/2015). Dedi melanjutkan, jumlah ini mengalami peningkatan dibanding pada akhir pekan biasa yang rata-rata antara 2.000 hingga 3.000 orang.

Asal wisatawan yang datang ke objek wisata Kawah Putih ini, rata-rata dari Jabodetabek, Sumatera, Kalimantan dan beberapa daerah lainnya di Indonesia. Sedangkan wisatawan asing, kata dia, kebanyakan berasal Asia Tenggara seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Bahkan, akhir-akhir ini, wisatawan asal Thailand pun mulai banyak mendatangi objek wisata di puncak Gunung Patuha ini.

“Alhamdulilah, karena di Bandung Selatan Kawah Putih ini sebagai objek wisata unggulan. Tetap banyak diminati pengunjung dari dalam maupun luar negeri, terutama dari negara-negara Asia Tenggara. Bahkan dari Tiongkok, Jepang dan Eropa juga ada,” ujarnya. Dedi optimistis, kunjungan wisatawan ke tempatnya itu bakal terus meningkat dalam waktu beberapa bulan terakhir ini. Karena, selepas libur panjang saat ini, akan disusul oleh musim libur sekolah.

Bahkan, untuk calon pengunjung libur sekolah saat ini pun sudah mulai melakukan pemesanan (booking). Hingga saat ini, jumlah pesanan sudah mencapai 1.000 wisatawan. “Kalau untuk musim libur sekolah sudah bisa kami prediksi. Apalagi banyak yang telah melakukan booking, jadi kami optimistis setelah libur panjang pekan ini akan pengunjung akan tetap tinggi karena disambung dengan masa libur sekolah,” katanya.

Hal senada dikatakan oleh Bagian Humas dan Informasi objek wisata pemandian air panas, Ciwalini, Herman. Menurutnya, selama libur panjang akhir pekan ini, jumlah kunjungan ke objek wisata yang dikelolanya meningkat sekitar 20% hingga 30% dari hari biasanya. Dia menjelaskan, per hari jumlah kunjungan bisa mencapai antara 3.000 hingga 5.000 orang. Sedangkan pada hari libur akhir pekan biasa, objek wisata yang dikelola oleh koperasi PTPN VIII ini sekitar 1.000 hingga 2.000 orang per hari.

“Puncaknya kemarin Sabtu lonjakan pengunjung antara 20% sampai 30%. Sebenarnya jumlah itu bisa lebih besar lagi, kalau saja tidak macet akibat kendaraan besar yang terperosok gara-gara galian kabel telepon,” katanya. Meskipun demikian, Herman tetap bersyukur, karena jumlah pengunjung ke objek wisata tersebut pada hari biasa atau weekday hanya dikunjungi 500 hingga 1.000 wisatawan. Apalagi, lanjut dia, sebentar lagi akan memasuki musim libur sekolah.

Berdasarkan pantauan INILAH sejak Kamis hingga Minggu ini, arus lalu lintas menuju berbagai objek wisata di Ciwidey terlihat ramai lancar. Meskipun puncak kunjungan wisatawan libur panjang terjadi Sabtu kemarin, arus lalu lintas menuju objek wisata ini tetap ramai. Biasanya, pada hari Minggu berbagai objek wisata tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dari Kabupaten Bandung dan beberapa daerah lainnya di Bandung Raya.

Source Jumlah Wisatawan ke Bandung Selatan Meningkat

Leave A Reply

Your email address will not be published.