Jr Sumut Hadiri Rapat Komisi C Dprd Sumut Demi Tingkatkan Potensi Kendaraan Sumatera Utara

29

Selasa (13-03) – DPRD Sumatera Utara (Sumut) mengadakan Rapat Komisi C DPRD Prov. Sumatera Utara yang dieselenggarakan di Ruang Rapat Komisi C DPRD Sumut. Rapat tersebut dihadiri Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Prov. Sumut, Kasubdit Regideat mewakili Direktur Lalu Lintas Polda Sumut, Kepala Cabang Jasa Raharja Sumatera Utara, Kepala bagian, kepala sub bagian Asuransi JR cabang Sumut, Kepala Bagian Pelayanan JR Sumut dan kepala sub bagian Humas JR cabang Sumut.

Rapat tersebut membahas tentang potensi jumlah kendaraan di provinsi Sumatera Utara. Poin-poin penting dalam rapat tersebut adalah tentang data valid kendaraan bermotor tahun 2016,2017 dan 2018, sistem teknologi dan informasi proses penetapan pajak kendaraan bermotor, dan kendala yang dihadapi. Berdasarkan data kendaraan yang dijabarkan dari Tim Pembina Samsat Prov. Sumatera Utara, jumlah potensi kendaraan yang berada di Sumatera Utara berjumlah 5 jutaan kendaraan yang tersebar di seluruh Sumatera Utara. Jumlah ini merupakan jumlah yang cukup besar. Namun, dari potensi kendaraan tersebut, yang taat akan pembayaran pajak kendaraan bermotor hanya 35%  dari jumlah total potensi kendaraan. Jumlah ini berdasarkan data 10 tahun terakhir Samsat Prov. Sumatera Utara.  Untuk itulah, rapat Komisi C ini diadakan untuk mencari solusi terbaik agar potensi kendaraan provinsi Sumatera Utara dapat membayar pajak kendaraan dengan semestinya.

Hasil Rapat Komisi C tersebut menghasilkan beberapa upaya untuk meningkatkan potensi kendaraan provinsi Sumatera Utara  agar kesadaran pembayaran pajak dapat meningkat. Upaya tersebut diantaranya adalah inventarisasi kendaraan di daerah perkebunan, MOU data kendaraan Tim Pembina Samsat dengan orang-orang dan wilayah perkebunan, Pelayanan yang lebih dekat dengan masyarakat (Jasa Raharja, BPPRD, Polri) dan Samsat melibatkan aparat Desa / lokal (lurah atau kepala desa). Diharapkan dengan upaya tersebut, potensi pembayaran pajak kendaraan bermotor di provinsi Sumatera Utara meningkat 20% .

Source Jr Sumut Hadiri Rapat Komisi C Dprd Sumut Demi Tingkatkan Potensi Kendaraan Sumatera Utara

Leave A Reply

Your email address will not be published.