JR Maluku Gelar Press Conference Kenaikan Santunan Kecelakaan

37

24 Mei 2017, Humas Maluku — Ambon-Pemerintah melalui Menetri Keuangan, Sri Muliani secara resmi telah mengumumkan kenaikan santunan Jasa Raharja untuk para korban kecelakaan. Terhitung mulai tanggal 1 Juni 2017 mendatang santunan Jasa Raharja untuk para korban kecelakaan akan naik 100 persen.

Untuk mensosialisasikan kebijakan pemerintah itu, Jasa Raharja (Persero) Cabang Maluku ikut  menggelar Press Conference tentang kenaikan besaran santunan korban kecelakaan angkutan umum dan korban kecelakaan lalu lintas jalan yang berlangsung di rumah kopi Joas di jalan Said Perintah, Selasa (23/5).

Konfrensi pers itu juga dihadiri oleh Direktur Lalu Lintas Polda Maluku, Kombes Heru Tri Sasono, dan Kepala Bidang Perhubungan Darat, Dinas Perhubungan Kota Ambon.

Kepala Cabang JR Maluku, Marganti Sitinjak mengungkapkan, kenaikan santunan korban kecelakaan telah ditandatangani oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani pada tanggal 13 Februari 2017 lalu.

“Jadi mulai tanggal 1 Juni 2017 nanti, santunan Jasa Raharja untuk korban meninggal dunia besarannya akan naik dari Rp 25 juta  menjadi Rp 50 juta,”ungkapnya, Selasa (23/5).

Beliau mengatakan, selain untuk korban meningal dunia kenaikan santunan juga terjadi pada korban kecelakaan yang mengalami cacat tetap, hingga biaya pengobatan di rumah sakit. Untuk korban cacat tetap sebelumnya hanya Rp 25 juta naik menjadi Rp 50 juta, begitupun untuk korban yang dirawat di rumah sakit naik dari sebelumnya Rp 10 juta menjadi Rp 20 juta.

“Ada juga tambahan lainnya, jadi si korban dibawa ke rumah sakit juga akan kami bayar. Juga untuk biaya penguburan bagi korban yang tidak punya ahli waris sesuai ketentuan selama ini dibayar Rp 2 juta tapi nanti pada tanggal 1 Juni akan dibayar Rp 4 juta,”ungkapnya.

Kacab menjelaskan,  kenaikan santunan untuk korban kecelakaan sangat signifikan yakni mencapai 100 persen, meski kecelakaan tidak diinginkan oleh semua orang, namun Jasa Raharja selaku perusahan Negara yang diberikan kewenangan tentu akan berharap agar setiap hak masyarakat dapat terpenuhi.

“Siapapun dia tidak ingin mendapatkan ini (kecelakaan), tapi namanya risiko di jalan kita juga tidak tutup mata. Dan  ternyata korban kecelakaan banyak juga yang harus disantuni olehnya itu harapan kami kenaikan santunan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya para korban kecelakaan,”harapnya.

Dia menambaahkan setiap korban kecelakaan lalu lintas wajib mendaptkan santunan sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku. Salah satu ketentuan itu adalah laporan kecelakaan dari pihak kepolisian.

“Oleh karena itu perlu untuk diketahi masyarakat, kalau ada kecelakaan lalu lintas mohon langsung dibuat laporannya sebab kami selalu mengalami hambatan, laporan polisinya mana padahal haknya ada disana, kami Jasa Raharja tidak bisa membayar santunan kepada jasa raharja apibila tidak ada laporan polisi,”ungkapnya.

Source JR Maluku Gelar Press Conference Kenaikan Santunan Kecelakaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.