JOB Tomori Edukasi Kegiatan Hulu Migas kepada Mahasiswa Universitas Tadulako

48

31 Juni 2018 — Bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) areal Central Processing Plant (CPP) Senoro, Desa Paisubololi, Kecamatan Batui Selatan, sebanyak 40 mahasiswa Fakultas Teknik, Jurusan Geologi, Universitas Tadulako (Untad) Palu, Sulawesi Tengah, termasuk 10 dosen pendamping, mengunjungi Joint Operating Body Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) yang melakukan operasi produksi di Senoro Area dan Tiaka Area, pada (31/7/2018).

Kunjungan ini sejalan dengan program Senoro Mengajar yang dimulai sejak 2016. Sebelumnya karyawan JOB Tomori yang berkunjung ke sekolah-sekolah dan menjadi guru tamu. Kali ini para mahasiswa berkesempatan melihat secara langsung proses pengolahan gas bumi di area kerja JOB Tomori.

Rombongan mahasiswa mendapatkan pemaparan materi dari Ardi Wiratma selaku Production Planner, Billy Harnest selaku Operation Geologist & Geophysicis, I Wayan Yuda Mahendra selaku Reservoir Engineer, dan Putu Yoga Pratama selaku Evaluation Geologist. Usai menerima pemaparan materi kelas, para peserta didampingi tim QHSSE, Operator dan security mengunjungi areal pabrik CPP Senoro dengan menggunakan bus dan mendapat penjelasan tentang proses pengolahan gas bumi, mulai dari proses awal hingga gas alam siap dipasarkan kepada pembeli melalui pipa gas yang telah dibangun perusahaan.

Field Senior Manager JOB Tomori I Nyoman Hartanu berharap program ini dapat memberikan inspirasi semua pihak. “Kami sangat berbahagia dengan kunjungan Mahasiswa Untad Palu ke CPP Senoro. Semoga melalui pertemuan ini, kita saling memberi masukan sekaligus bertukar ilmu pengetahuan, demi kemajuan di masa mendatang,” ujar I Nyoman Hartanu.

Sementara itu, Ketua Program Studi Geologi Untad Palu, Ir. Irianto Uno, M.Sc menyampaikan penghargaannya kepada pihak JOB Tomori karena diberikan kesempatan mengunjungi tempat pengolahan gas alam di bumi Sulawesi Tengah tersebut. “Semoga kerjasama antara JOB Tomori dan Untad terus terjalin,” ungkap Irianto usai mengunjungi areal pabrik CPP Senoro.

Hal senada juga disampaikan Muhamad Abduh, salah seorang mahasiswa. Ia dan rekan-rekannya banyak mendapatkan pencerahan dari sisi geologi, sehingga banyak pengembangan ilmu pengetahuan yang diperoleh. “Kami benar-benar mendapatkan kesempatan emas dapat berkunjung ke CPP Senoro, termasuk mendapatkan edukasi dari praktisi langsung,” pungkas Abduh.

Source JOB Tomori Edukasi Kegiatan Hulu Migas kepada Mahasiswa Universitas Tadulako

Leave A Reply

Your email address will not be published.