Jelang Raya Kurban, Sumut Pasok 2000 Sapi Impor Australia

13

10 Juli 2019 | ​Jelang hadirnya raya Kurban yang identik dengan kebutuhan pasokan daging sapi kurban. Saat ini daerah Sumut memasok sedikitnya 2000 ekor sapi impor dari negara Australia. Akan tetapi pihak Balai Karantina Pertanian Belawan belum mengizinkan 2000 ekor sapi asal Australi keluar dari Sumut sebelum wajib Karantina. Rabu (10/07/2019).

Menurut Rapi Silalahi selaku petugas Paramedik Karantina Balai Karantina Pertanian (BKP) Belawan mengatakan, sebanyak 2.012 ekor sapi tersebut sebenarnya sudah masuk Sumut sampai via Pelabuhan Belawan pada hari Jumat 5 Juli 2019.

” Namun sapi-sapi yang dilalulintaskan lewat Belawan itu harus diperiksa terlebih dahulu sebelum dibawa ke tujuan,” katanya, Selasa (09/07/2019).

Lanjut Rapi Silalahi, secara umum petugas BKP melakukan tindakan karantina berupa pemeriksaan fisik, kelengkapan dan kesesuaian dokumen. Pemeriksaan fisik dilakukan untuk mendeteksi apakah sapi-sapi yang didatangkan oleh PT. Lembu Andalas Langkat itu tertular hama dan penyakit hewan karantina (HPHK), atau tidak ” Ucapnya.

Rapi menyebutkan, Setelah sapi-sapi senilai total Rp 23 miliar lebih itu dipastikan tidak tertular HPHK, selanjutnya BKP menerbitkan dokumen KH-5 (persetujuan bongkar) dan KH-7 (perintah masuk IKH) “, Sebutnya.

Apalagi ini menjelang lebaran kurba wajib kita jaga kesehatan sapi sebelum keluar pelabuhan dan di karantina dulu cek kesehatan nya ujar petugas karantina Rapi menjelasksan, Sapi-sapi tersebut sebenarnya sudah memiliki sertifikat kesehatan dari otoritas Australia. Namun BKP tetap berkewajiban memeriksanya. Meskipun kapal pengangkut sudah sandar di pelabuhan, tetapi sapi tidak boleh dikeluarkan. Di dalam kapal mereka terlebih dahulu harus menjalani pemeriksaan awal  untuk jaga jaga arus diperiksa dulu ” Jelasnya.

Rapi menambahkan, Dalam proses ini, Petugas melakukan pemeriksaan dengan mengamati kondisi fisik setiap sapi. Fisik sapi diidentifikasi secara kasat mata sesuai dengan ciri-ciri kesehatan hewan dalam ilmu kedokteran hewan “, Tambahnya kita belum  percaya begitu saja itu hewan wajib di periksa dulu bukan begitu saja dokumen kita iyakan sebab wajib di Karantina kan setelah layak baru bisa keluar kandang.

Source Jelang Raya Kurban, Sumut Pasok 2000 Sapi Impor Australia

Leave A Reply

Your email address will not be published.