Jelang Ramadan, Stok Pangan Di Priangan Timur Aman

42

18 Mei 2018

Perum Badan Urusan Logistik Sub Divre Ciamis menjamin ketersediaan pasokan pangan menjelang Ramadan aman sekitar 6 bulan kedepan. Melimpahnya ketersediaan tidak perlu ada gejolak. Wakasubdivre Perum Bulog Ciamis, Teguh Firmansyah mengatakan, selain masalah ketersediaan pasokan pangan, pihaknya akan memastikan stabilisasi harga pangan di pasaran.

Sedangkan pengadaan beras sejak Januari 2018 hingga sekarang mencapai 30 ribu ton, sedangkan kebutuhan Priangan Timur 2.000 ton/bulan. Antisipasi gejolak harga di bulan Ramadan, kata Teguh, Bulog menyediakan beras sebanyak 12 ribu ton untuk kebutuhan se Priangan Timur. Sedangkan untuk kebutuhan Tasikmalaya sebanyak 5.200 ton. Komuditas lainnya seperti daging Bulog juga menyediakan daging sapi beku sebanyak 900 kg, minyak goreng 55 ribu liter, gula pasir 21 ribu ton, tepung terigu sebanyak 8,3 ton.

“Apabila dibutuhkan, kami siap mensuplai ke pasar-pasar tradisional dan menggelar operasi pasar kapan pun untuk mengendalikan harga ,” katanya saat melakukan pengecekan di Gudang Bulog Tasikmalaya, Selasa (15/5/2018).

Pihaknya menyebutkan stok yang dimiliki Bulog saat ini cukup melimpah, sehingga bila dibutuhkan bisa digelontorkan ke pasar dengan harga murah seperti beras medium dibawah harga HET. Beras jenis Premium HET Rp 12.800/kg dijual di pasar murah Rp 12.200/kg. Sementara HET beras jenis Medium Rp 9.450 dijual untuk pasar murah rakyat Rp 9.200/kg. Antisipasi ada kenaikan harga telur menjelang ramadan bisa Rp 28.000/kg dijual Rp 25.000/kg.

“Apabila stok tidak mencukupi, kami masih bisa meminta kiriman dari Pusat,” ujarnya. Sejauh ini harga ketersediaan bahan pokok di Priangan Timur tersebut masih aman, sehingga tidak akan mengalami pergerakan harga yang signifikan.

Source Jelang Ramadan, Stok Pangan Di Priangan Timur Aman

Leave A Reply

Your email address will not be published.