Jelang Lebaran, Jumlah Penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak Mulai Meningkat

39

14 Juni 2016

Surabaya – Menjelang lebaran, arus penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mulai mengalami peningkatan. Hal tersebut tercatat pada data Pelindo III sebagai pengelola terminal di pelabuhan tersebut, kenaikan jumlah penumpang yang tercatat pada bulan Mei 2016 mencapai 31.488 orang. Hal ini menunjukkan ada peningkatan dibangdikan bulan sebelumnya, April 2016, yang sejumlah 22.969 orang.

“Presentase kenaikan mencapai 37 persen dari bulan sebelumnya,” kata Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak, Oscar Yogi Yustiano.

Oscar Yogi memerinci, pada bulan Mei 2016 jumlah penumpang yang turun atau debarkasi di mencapai 19.115 orang, sedangkan penumpang yang naik atau embarkasi mencapai 12.373 orang.

“Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat sebagaimana tren arus mudik dan balik pada tahun-tahun sebelumnya. Seperti pada tahun sebelumnya, arus mudik dan balik H-15 hingga H+15  bisa lebih dari 140 ribu penumpang ,” jelasnya.

Oleh karena itu, Pelindo III telah melakukan berbagai upaya persiapan untuk menyambut arus mudik dan balik di Pelabuhan Tanjung Perak. Di antaranya  berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Pelabuhan Tanjung Perak, Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Perak, Kepolisian KP3, Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Operator Pelayaran serta instansi lainnya.

“Termasuk menambah tenda tambahan serta untuk memberikan pelayanan kepada para penumpang dengan mendirikan poskotis (pos komando taktis) yang beroperasi mulai H-18 dan H+17. Tahun ini Pelindo III memulai persiapan lebih awal. Tahun sebelumnya H-15 (baru mulai),” kata Yogi.

Kemudian untuk arus kapal penumpang pada bulan Mei 2016 mencapai 183 unit kapal penumpang yang berasal dari 6 operator, yakni PT Pelni (Persero) sejumlah 6 kapal, PT Dharma Lautan Utama sejumlah 10 kapal,  PT Jembatan Nusantara sejumlah 2 kapal, PT Antosim sejumlah 3 kapal, PT Gerbang Samudera Sarana sejumlah 1 kapal, PT Gelora Kaltim sejumlah 1 Kapal, dan PT Berlian Lautan Sejahtera sejumlah 1 Kapal.

“Kapal-kapal tersebut memiliki rute ke berbagai pelabuhan di Pulau Kalimantan, Sumatera, dan Papua,” jelasnya lagi.

Disamping itu, Pelindo III telah menyiapkan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara atau GSN, Terminal Penumpang Sementara, dan Terminal Ro-Ro untuk menampung penumpang arus mudik maupun balik dengan kapasitas gabungan mencapai 6.000 penumpang.

“Terminal GSN merupakan salah satu terminal terbaik di Indonesia karena merupakan terminal penumpang modern berkonsep ramah lingkungan pertama di Indonesia,” kata Oscar Yogi.

Terminal tersebut memiliki fasilitas seperti bandara, karena memiliki ruang tunggu eksekutif berpenyejuk udara, check in counter, dan fasilitas pengamanan yang dilengkapi dengan x-ray.

“Harapan Pelindo III, para penumpang dapat  merasa nyaman dan aman di Pelabuhan Tanjung Perak,” katanya.

Lebih lanjut, Pelindo III menghimbau agar para penumpang membeli tiket kapal laut di loket-loket resmi yang telah disediakan oleh operator pelayaran bukan melalui calo. Hal ini penting karena untuk menjamin perjalanan para penumpang berjalan dengan baik dan lancar.

“Selain itu akan meminimalisir munculnya calo di Pelabuhan Tanjung Perak,” tegasnya.

Source Jelang Lebaran, Jumlah Penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak Mulai Meningkat

Leave A Reply

Your email address will not be published.