Jasa Raharja Kepri Adakan Press Conference Kenaikan Besar Santunan

50

23 Mei 2017, Humas Kepulauan Riau —¬†besar santunan korban kecelakaan alat angkutan penumpang umum dan korban kecelakaan lalu lintas jalan mengalami kenaikan. Untuk itu, PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Kepulauan Riau dengan sigap melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait hal tersebut. Dan pada Senin 22 Mei 2017 bertempat di Ruang VIP Love Seafood Batam Center, diadakanlah Press Conference Kenaikan Besar Santunan Kepada Korban Kecelakaan Alat Angkutan Penumpang Umum Dan Korban Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Haryo Pamungkas selaku Kepala Cabang PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Kepulauan Riau menjelaskan kepada wartawan yang hadir dalam Press Conference Kenaikan Besar Santunan bahwa ketentuan ini berlaku bagi korban terhitung sejak 1 Juni 2017 pukul 00.00 WIB, artinya sebelum pukul itu, masih menggunakan ketentuan lama.

Bagi korban kecelakaan angkutan umum di darat, besaran yang didapat yakni sebesar Rp 50 juta untuk korban meninggal dunia. Untuk korban yang mengalami cacat tetap (maksimal), mendapat santunan sebesar Rp 50 juta. Sedangkan untuk biaya perawatan (maksimal), diberikan santunan sebesar Rp 20 juta. Begitupun untuk biaya penguburan bagi korban, berdasarkan ketentuan baru mendapat santunan sebesar Rp 4 juta.

Tidak hanya itu, korban kecelakaan juga mendapat manfaat tambahan. Untuk penggantian biaya P3K yang sebelumnya tidak ada, kini diberikan santunan sebesar Rp 1 juta. Penggantian biaya ambulans yang sebelumnya tidak ada, diberikan sebesar Rp 500 ribu. Ketentuan besaran santunan ini berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 15 tahun 2017 tanggal 13 Februari 2017 tentang Besar Santunan dan Iuran Wajib Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Penumpang Umum di Darat, Sungai/Danau, Feri/Penyeberangan, Laut, dan Udara dan Nomor 16 tahun 2017 tanggal 13 Februari 2017 tentang Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Sedangkan untuk korban kecelakaan angkutan umum di udara, tidak ada kenaikan besaran santunan untuk korban meninggal dunia, korban mengalami cacat tetap, dan biaya perawatan.

Haryo Pamungkas melanjutkan, kenaikan besaran santunan yang dibayarkan pihaknya itu, tidak diikuti dengan kenaikan iuran wajib maupun sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ) yang dibayarkan masyarakat. Masyarakat yang berhak mendapat santunan dari PT. Jasa Raharja (Persero) ini, syaratnya bukan orang yang mengalami kecelakaan tunggal.

PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Kepulauan Riau juga selalu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada korban kecelakaan dengan sinergitas pihak lainnya, seperti dari kepolisian, rumah sakit, BPJS dan beberapa pihak lainnya agar semua korban kecelakaan alat angkutan penumpang umum dan lalu lintas jalan dapat tertangani dengan baik.

Source Jasa Raharja Kepri Adakan Press Conference Kenaikan Besar Santunan

Leave A Reply

Your email address will not be published.