Jasa Raharja Hadir Di “ 123 Bumn Dorong Peningkatan Potensi Pariwisata Di Mandalika, Lombok*

48

Jakarta, 26 Januari 2017 — Dalam upaya mempercepat pengembangan pariwisata Indonesia, Kementerian BUMN menghadirkan sebanyak 118 BUMN dan beberapa anak perusahaan BUMN lainnya di kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kehadiran BUMN di Mandalika itu adalah untuk bersama-sama dan bersinergi melaksanakan program pengembangan pariwisata dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)  setempat melalui inisiasi program “BUMN Hadir Untuk Negeri”, yaitu program percepatan pembangunan infrastuktur dan pengabdian masyarakat lokal yang akan dilakukan pada tanggal 26-28 Januari 2017.

Kawasan Mandalika, Lombok, telah menjadi salah satu dari 10 destinasi prioritas dan juga masuk kedalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang sebelumnya telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pariwisata RI. Penetapan destinasi prioritas dan KEK tersebut sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara yang ditargetkan mencapai 20 juta kunjungan pada tahun 2019 mendatang.

Pelaksanaan program “BUMN Hadir untuk Negeri” tersebut akan berlangsung di empat lokasi, yakni di Tanjung Aan, Bukit Meresek, Desa Ende dan Desa Sembalun, Rinjani, dimana program tersebut dirangkai dengan berbagai kegiatan, antara lain kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR-Corporate Social Responsibility) di bidang pariwisata, pendidikan, lingkungan dan infrastruktur.

Pengembangan Mandalika sebagai destinasi utama dengan standar internasional yang membutuhkan dukungan sektor atraksi, aksesibilitas dan amenitas. Berkaitan dengan hal tersebut, melalui program “BUMN Hadir untuk Negeri” di Mandalika, Kementerian BUMN dan seluruh BUMN akan menyerahkan bantuan CSR dengan nilai total mencapai Rp9,5 miliar yang ditujukan untuk pengembangan kawasan tersebut.

PT. Jasa Raharja (Persero) menyumbang sarana  pendidikan untuk Alat Pendidikan SMK Pariwisata Gili Trawangan dan Taman Bacaan SMK Negeri Gerupuk, yang diserahkan langsung oleh Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Setyarso, kepada pihak SMK Pariwisata Gili Trawangan dan Taman Bacaan SMK Negeri Gerupuk, sebesar Rp. 305.600.000,- (tiga ratus lima juta enam ratus ribu rupiah).

“Bantuan yang diberikan demi kemajuan kawasan Mandalika ini terdiri dari bantuan CSR di bidang lingkungan, pendidikan dan pemberdayaan SDM, bidang sosial (seni dan budaya), serta bidang infrastruktur. Kami harapkan bantuan ini menjadi bukti dimana kehadiran BUMN bagi negeri dapat mendorong berkembangnya kawasan Mandalika sebagai salah satu destinasi pariwisata utama baru yang dicanangkan Presiden Jokowi, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Mandalika.

Source Jasa Raharja Hadir Di “ 123 Bumn Dorong Peningkatan Potensi Pariwisata Di Mandalika, Lombok*

Leave A Reply

Your email address will not be published.