Jasa Raharja D.I. Yogyakarta Hadiri Peresmian Samsat Desa Banjararum Kalibawang

15

20 Desember 2017, Humas DIY —¬†Kulonprogo-Membayar pajak kendaraan bermotor kini semakin mudah dan cepat. Ini seiring terobosan peningkatan pelayanan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DIY dan Pemkab/Pemkot se-Provinsi DIY. Para pemilik kendaraan bermotor tidak perlu datang jauh-jauh datang ke kantor samsat induk dan antri ketika akan membayar pajak tahunan kendaraan.

Sebab, pemilik kendaraan bermotor cukup datang ke Samsat Outlet, Samsat Keliling, E-Samsat, dan Samsat Desa yang tersebar di sembilan desa se-DIY ketika akan membayar pajak tahunan. Begitu pula para pemilik kendaraan yang berada di wilayah Kecamatan Kalibawang, Samigaluh, dan sekitarnya tidak perlu datang ke Samsat Induk Wates Kulonprogo Yogyakarta.

“Pemilik kendaraan di Kecamatan Kalibawang¬† dan Samigaluh tidak perlu ke Wates lagi untuk membayar pajak tahunan. Cukup datang ke Samsat Desa Banjarum saja. Tidak jauh, lebih efisien, dan cepat tidak sampai 20 menit sudah jadi, bisa pulang,” kata Kepala DPPKA DIY, Bambang Wisnu Handoyo saat peresmian pembukaan Samsat Desa Banjararum, Kalibawang, Kulonprogo, Selasa (19/12).

Bambang menerangkan, Samsat Desa Banjararum merupakan Samsat yang ke-8. Rencananya, pada 28 Desember mendatang akan kembali diresmikan Samsat ke-9 yaitu di Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul. Pembukaan Samsat Desa ini bertujuan untuk memudahkan para pemilik kendaraan membayar pajak. Harapannya, tidak ada lagi pemilik kendaraan yang nunggak bayar pajak tahunan.

“Samsat Desa ini sekaligus menjadi pusat informasi. Sebab, di Samsat Desa ada kepolisian dan Jasa Raharja,” terang Bambang.

Suyitno, warga Banjararum mengaku senang dengan dibukanya Samsat Desa. Sebab, dirinya kini tidak jauh-jauh datang ke Samsat Wates ketika mau membayar pajak tahunan. “Lebih dekat, tidak ngantre, dan masih bisa menyelesaikan pekerjaan. Tidak meninggalkan pekerjaan berlama-lama,” kata Suyitno yang berprofesi sebagai pedagang klontong.

Kepala PT. Jasa Raharja (Persero) DIY, RM. Wahyu Widodo,S.H.,M.H.,mengatakan, institusinya mendukung penuh upaya pemerintah daerah yang membuka layanan Samsat Desa. Menurutnya, Samsat Desa ini semakin memudahkan para pemilik kendaraan yang akan membayar pajak kendaraan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

“SWDKLLJ dikelola oleh PT. Jasa Raharja (Persero) dan dikembalikan lagi kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan lalu lintas jalan,” terang Wahyu.

Wahyu menambahkan, sesuai dengan UU Nomor 33 Tahun 1964 dan UU Nomor 34 Tahun 1964 bahwa tugas pokok dan fungsi PT. Jasa Raharja (Persero) adalah menghimpun dana dan menyantuni korban kecelakaan lalu lintas jalan dan angkutan umum.

Dengan demikian, setiap korban kecelakaan lalu lintas jalan dan angkutan umum, baik darat, laut maupun udara berhak mendapatkan santunan dari Jasa Raharja. “Korban kecelakaan lalu lintas tidak perlu khawatir memikirkan biaya perawatan. Sebab, Jasa Raharja akan mengcover biaya perawatan,” terang Wahyu.

Source Jasa Raharja D.I. Yogyakarta Hadiri Peresmian Samsat Desa Banjararum Kalibawang

Leave A Reply

Your email address will not be published.