Jaring Tenaga Muda Berkualitas, PLN Jalin Kerjasama Dengan Perguruan Tinggi

36

Bandung, 8 April 2016  –  Guna menjaring tenaga-tenaga muda lulusan perguruan tinggi yang cakap dengan kemampuan tinggi, PLN menggandeng sejumlah perguruan tinggi (PT) melalui kerja sama pembinaan dan rekrutmen pegawai. Hal ini merupakan wujud sinergi PLN dan PT untuk meningkatkan kualitas SDM diseluruh Indonesia.

Pada acara Titian Karir Terpadu ITB 2016, PLN kembali menandatangani kerjasama penyelenggaraan Program Pendidikan Magister Teknik Elektro (S2) dengan Sekolah Teknik Elektro Dan Informatika ITB dan Program Pendidikan Diploma Tiga Kerjasama (D3K) serta Program Pendidikan dan Penelitian Listrik dengan 5 politeknik yakni, Politeknik Negeri Bandung, Potiteknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Bali, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan Politeknik Negeri Banjarmasin.

Penandatangan Nota Kesepahaman Kerjasama ini dilakukan oleh Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali dengan para pimpinan perguruan tinggi tersebut di kampus ITB, Bandung (8/4). Direktur Perencanaan Korporat PLN Nicke Widyawati dalam sambutan tertulisnya menyebutkan

“Ke depan peluang dan tantangan PLN dalam memperluas akses masyarakat terhadap listrik dan mendukung pertumbuhan ekonomi semakin besar. Saat ini jumlah pelanggan PLN secara nasional Mencapai lebih dari 60 juta. Angka rasio elektrifikasi baru mencapai 86 persen, yang artinya masih ada sekitar 14 persen penduduk Indonesia yang belum memiliki akses terhadap listrik”.

Menghadapi tantangan dan untuk merealisasikan program besar tersebut, tentunya PLN memerlukan dukungan sumber daya manusia yang kompeten dan berkualitas. Setiap tahun PLN memerlukan tambahan sekitar 4000 pegawai baru untuk mengimbangi semakin besarnya organisasi PLN karena tambahan kapasitas pembangkit, jaringan transmisi dan jumlah pelanggan, serta berkurangnya pegawai secara alami karena memasuki masa purna bakti.

“Untuk mengantisipasi pertumbuhan permintaan listrik yang tinggi, Pemerintah bersama PLN telah mencanangkan program pembangunan pembangkit 35.000 Mega Watt beserta jaringan transmisi dan gardu induk pendukungnya dalam lima tahun ke depan. Ini adalah program monumental yang merupakan kebijakan pemerintah dan dipantau langsung oleh Presiden,” tegas Nicke.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PLN dengan ITB dimaksudkan untuk membangun, meningkatkan dan memelihara kompetensi pegawai PLN dengan mengikutsertakan pada Program Studi Magister Teknik Elektro (S2) di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB. Pada kesempatan ini para pegawai PLN yang memenuhi syarat dan kriteria akan dididik Program Studi Magister Teknik Elektro (S2) Opsi Teknik Tenaga Listrik Peminatan Teknik Diagnosis dan Pengelolaan Aset sesuai kebutuha PLN

Dan penandatanganan Nota Kesepahaman antara PLN dengan lima Politeknik tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya pengelolaan tenaga listrik secara optimal untuk menunjang proses pembangunan yang berkelanjutan. Hal ini juga merupakan sesuatu yang penting dalam rangka mendukung upaya efisiensi dan efektifitas pengelolaan ketenagalistrikan yang terus dilakukan oleh PLN.

Sedangkan penandatanganan Perjanjian kerja sama dengan lima Politeknik tersebut dimaksudkan untuk menyelenggarakan pendidikan Diploma Tiga (D3) di bidang Teknik Elektro sesuai kebutuhan di PLN, agar diperoleh lulusan D3 yang siap kerja dan memiliki kompetensi cukup untuk diterima sebagai Pegawai PLN.

Sejak 2012, terdapat 11 PTN yang sudah menjalin kerjasama dengan PLN, diantaranya adalah:
1. Politeknik Negeri Medan
2. Politeknik Negeri Padang
3. Politeknik Negeri Sriwijaya
4. Politeknik Negeri Jakarta
5. Politeknik Negeri Bali
6. Politeknik Negeri Malang
7. Politeknik Negeri Semarang
8. Politeknik Negeri Ujung Pandang
9. Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
10. Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada
11. Sekolah Tinggi Teknik PLN

Selain beberapa PT diatas, PLN juga akan menjalin kerjasama serupa dengan Politeknik Elektonika Negeri Surabaya – Institut Teknologi Sepuluh November (PENS ITS), dan Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). Dengan demikian, total kerjasama Penyelenggaraan Program Pendidikan D3K PLN menjadi 17 Perguruan Tinggi. Program kerjasama ini dilaksanakan guna mendukung kinerja PLN sehingga program pembangunan pembangkit 35.000 MW dan transmisi 46.000 kms dapat tercapai pada 2019.

Kontak :
Agung Murdifi
Manajer Senior Public Relations
Tlp. 021 7251234
Facs. 021 7227059
Email. [email protected]

Source Jaring Tenaga Muda Berkualitas, PLN Jalin Kerjasama Dengan Perguruan Tinggi

Leave A Reply

Your email address will not be published.