Jamkrindo Lirik Rp 2 Triliun Potensi Penjaminan Resi Gudang

42

Kamis, 02 Juni 2016 | 15:40

Jakarta | Perum Jamkrindo menilai, potensi bisnis penjaminan dari sistem resi gudang sebesar Rp2 triliun di tahun pertamanya beroperasi nanti. Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2016, perusahaan penjaminan pelat merah ini ditunjuk sebagai Lembaga Pelaksana Penjaminan Sistem Resi Gudang (LPP-SRG).

“Kami melihat, potensinya dari perkembangan jumlah gudang dan 10 komoditi yang saat ini bisa dijamin, paling sedikit kami bisa menjamin Rp2 triliun,” terang Diding S Anwar, Direktur Utama Jamkrindo, Rabu (1/6).

Nilai penjaminan itu akan terus berkembang, seiring dengan upaya Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan untuk menambah panjang daftar komoditi yang akan dijamin Jamkrindo nanti.

Sebagai informasi, saat ini, 10 komoditi yang boleh dijamin Jamkrindo, yakni karet, jagung, gabah, beras, kopi, kakao, lada, rumput laut, rotan dan garam. Ke depan, Bappebti tengah mengkaji komoditi timah, gambir, dan kopra.

Namun demikian, kata Diding, bisnis penjaminan resi gudang ini belum bisa berjalan, karena amanah PP 1/2016 mewajibkan adanya penyertaan modal negara (PMN) ke Jamkrindo.

“Kami bisa jalan kalau sudah ada PMN. Secepatnya, PMN masuk melalui APBNP 2016, sehingga kami bisa langsung melaksanakan tugas sebagai LPP-SRG,” ujar Diding.

Adapun, hitung-hitungan saat ini, menurut Bahrul Chairi, Kepala Bappebti, Jamkrindo membutuhkan suntikan modal sebesar Rp700 miliar untuk menjalankan perannya sebagai penjamin resi gudang.

Source Jamkrindo Lirik Rp 2 Triliun Potensi Penjaminan Resi Gudang

Leave A Reply

Your email address will not be published.