Jamkrindo Jamin KUR Sulampua Rp3,36 Triliun

51

Kamis, 09 Juni 2016 | 15:55

MAKASSAR | Penjaminan kredit usaha rakyat atau KUR di Sulawesi, Maluku dan Papua oleh Perum Jamkrindo telah mencapai Rp3,36 triliun dalam 5 bulan tahun ini. Realisasi penjaminan KUR itu seiring dengan penyaluran kredit untuk pelaku UMKM yang kian gencar dilakukan oleh perbankan di wilayah Sulampua.

Kepala Kantor Jamkrindo Wilayah IX Sulampua Hamim Afianto mengatakan besarnya alokasi KUR pada tahun ini ikut memperbesar porsi penjaminan untuk segmen tersebut yang telah mencapai di kisaran 55% terhadap total penjaminan kredit perseroan.

“Jauh melampaui tahun lalu yang hanya Rp1,5 triliun. Alokasi KUR tahun ini memang sangat besar, belum lagi UMKM juga dipermudah untuk mengakses KUR melalui perbankan,” katanya kepada Bisnis.com, Rabu (8/6/2016).

Adapun total penjaminan Perum Jamkrindo Wilayah IX yang mencakup Sulawesi, Maluku dan Papua per Mei 2016 mencapai Rp6,04 triliun, di mana 55% berumber dari KUR dan sisanya sebesar Rp2,67 triliun dari segmen penjaminan non-KUR.

Sekadar diketahui, penjaminan non-KUR bersumber dari sejumlah produk perseroan diantaranya penjaminan kredit KPR, kredit konstruksi, pengadaan barang dan jasa, surety bond serta beberapa lainnya.

Sesuai dengan perencanaan, Perum Jamkrindo Wilayah IX membidik penjaminan kredit di Sulampua sebesar Rp12,7 triliun hingga akhir tahun ini.

Selain mengandalkan KUR, kata Hamim, perseroan juga berharap banyak pada pencanangan proyek infrastruktur yang gencar didanai oleh pemerintah melalui APBD/N yang diestimasi mampu mendukung performa volume penjaminan.

Selain itu, perseroan juga mengandalkan pula segmen kredit komersil yang disalurkan lembaga pembiayaan rekanan Jamkrindo yang beroperasi di Sulawesi, Maluku dan Papua.

Hamim memerinci target penjaminan kredit pada tahun ini terdiri dari 6,3 triliun dari KUR, sedangkan 6,4 triliun bersumber dari kredit non-KUR.

Target tersebut hampir dua kali lipat dibandingkan dengan realisasi penjaminan Kanwil IX pada tahun lalu Rp7,5 triliun yang di antaranya terdiri dari KUR sebesar Rp1,5 trilun, kredit konsumtif Rp1,2 triliun, surety bond Rp2 trilun, penjaminan kredit mikro lembaga keuangan rekanan perseroan Rp1,9 trilun, serta dari produk penjaminan lainnya.

Khusus di wilayah IX, jaringan kantor cabang Jamkrindo sebanyak 14 unit yang tersebar pada beberapa kota di Sulawesi, Maluku dan Papua.

Source Jamkrindo Jamin KUR Sulampua Rp3,36 Triliun

Leave A Reply

Your email address will not be published.