Jamkrindo Goes To Campus

40

Jumat, 20 Mei 2016 | 15:35

PANGKAL PINANG | Perum Jamkrindo Kantor Cabang Pangkalpinang bersama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung mengadakan acara Jamkrindo Goes To Campus yang dinamakan “Bangka Belitung Edupreneur Competition” dengan tema “Bersama Fakultas Ekonomi Membangun Generasi Cerdas & Hebat Melalui Edukasi & Wirausaha”. Selain Jamkrindo acara ini juga didukung oleh Bank Indonesi (BI), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Pemerintah Daerah (PEMDA) Kabupaten Bangka dan Universitas Bangka Belitung.

Kegiatan ini adalah terkait dengan kesiapan meghadapi pasar bebas Asia Tenggara atau lebih dikenal Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), itu artinya baik para pekerja maupun produk-produk asal negara-negara asia tenggara bebas masuk ke Indonesia. Bagi Bangka Belitung MEA menjadi babak awal untuk mengembangkan berbagai kualitas baik produk maupun kualitas sumber daya manusianya, Karena bila kualitas produk dan sumber daya manusia tidak meningkat maka kita akan menjadi penonton di rumah kita sendiri.

Acara Bangka Belitung Eduprenuer Competition sendiri terbagi dalam 3 kegiatan, yang terdiri dari Business Plan, Bazar dan lomba cerdas cermat akuntansi. Acara lomba akuntansi di ikuti oleh 16 kelompok dari kalangan pelajar dan 10 kelompok dari kalangan mahasiswa yang terdiri dari sekolah dan perguruan tinggi di Bangka Belitung.

Sedangkan business plan di ikuti oleh 16 kelompok pelajar dan 18 kelompok mahasiswa yang terdiri dari sekolah dan perguruan tinggi di Bangka Belitung. Sedangkan acara bazar terdiri dari 35 kapling/tempat bagi umkm baru di Bangka Belitung, sebagian besar di ikuti oleh kalangan mahasiswa.

Acara Business plan dilaksanakan untuk mendukung perencanaan bisnis masa depan bagi kalangan tingkat mahasiswa dan pelajar se provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bazar dalam acara ini di ikuti oleh umkm baru dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum yang mempunyai usaha baru dan ingin berkembang baik mental maupun usahanya, karena acara bazar ini umkm akan bersaing dalam satu pasar di fakultas ekonomi universitas Bangka Belitung. Jadi, mental persaingan untuk merebutkan pangsa pasar sangat tinggi. kreativitas dan kecerdasan umkm jadi terlatih untuk merebutkan pangsa pasar .

Mengingat pentingnya pertahanan umkm dan tenaga kerja untuk menghadapi MEA maka Jamkrindo KC Pangkalpinang mengambil bagian dalam kegiatan ini, sekaligus ini adalah kerja sama yang pertama bagi Jamkrindo KC Pangkalpinang dengan Universitas Bangka Belitung Fakultas Ekonomi.

Dr. Reniati S.E, M.M selaku Dekan fakultas ekonomi Universitas Bangka Belitung menyambut baik kerjasama ini, beliau berterima kasih atas kepedulian dan dukungan Jamkrindo KC Pangkalpinang terhadap acara yang dilaksanakan oleh BEM Fakultas Ekonomi, “UMKM memang usaha kecil, namun UMKM sengat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian nasional, dan kita ketahui bahwa ketika masa krisis moneter perusahaan-perusahaan besar collapse, UMKM masih mampu bertahan menghadapi krisis, sehingga UMKM perlu mendapatkan perhatian khusus, selain untuk perkembangan perekonomian, UMKM juga perlu mendapat perhatian terkait pertahanan untuk menghadapi MEA,” ujar Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung. Selain Jamkrindo acara ini juga didukung oleh Bank Indonesi (BI), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Pemerintah Daerah (PEMDA) Kabupaten Bangka dan Universitas Bangka Belitung.

Source Jamkrindo Goes To Campus

Leave A Reply

Your email address will not be published.