Jamkrindo Dukung Pilot Project Kantin UMKM di Puwakarta

18

Sabtu, 19 Desember 2015 | 14:10

Puwakarta | Anggota (DPR) Republik Indonesia (RI) Ade Komarudin menyambangi Purwakarta, Kamis (19/12). Kedatangannya untuk meresmikan kantin usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Menteng Food Zone di Jalan Veteran Purwakarta, bersama Perum Jamkrindo.

Pada kesempatan itu, mantan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Misbakhun serta jajaran Perum Jamkrindo juga hadir. Agenda itu juga dalam rangka peresmian pilot project pengembangan dan pembinaan UMKM.

“UMKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional dan terbukti tahan menghadapi krisis ekonomi yang lalu,” ujar Ade dalam sambutannya.

Adapun Direktur Perum Jamkrindo Diding S Anwar mengatakan kantin ini merupakan pusat jajanan yang dilakoni oleh para pelaku UMKM, sekaligus tempat pendistribusian produk UMKM.

“Tugas utama kami memang untuk memberikan akses keuangan yang mudah dengan cara menjaminkan kredit bagi para pelaku UMKM,” ujar dia.

Food court itu juga sekaligus berada di samping kantor baru Perum Jamkrindo di Purwakarta. Selain itu, mereka juga memberikan bantuan bina lingkungan sebesar Rp 15 juta bagi 100 anak yatim.

“Kami juga baru-baru ini telah resmi membuka 21 kantor cabang baru dan 10 Kantor Unit Pelayanan (KUP) di seluruh tanah air,” ujar dia.

Ia mengatakan, latar belakang pendirian kantor baru dan KUP dilatarbelakani UMKMK yang merupakan pelaku ekonomi terbesar bagi perekonomian Indonesia. Namun, kata dia, sayangnya lembaga keuangan masih menilai sektor UMKM sebagai sektor yang belum bersahabat dengan bank.

“Sehingga dibutuhkan penjaminan nasional yang mampu menjembatani antara kebutuhan UMKM atas akses keuangan. Dan pendirian kantor cabang baru jadi jawaban atas kendala tersebut,” ujarnya.

Source Jamkrindo Dukung Pilot Project Kantin UMKM di Puwakarta

Leave A Reply

Your email address will not be published.