Jamkrindo Dukung Eksistensi dan Daya Saing UKM di Gorontalo

28

Selasa, 29 Desember 2015 | 14:15

Gorontalo | Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) mendorong sepenuhnya eksistensi usaha mikro kecil menengah dan koperasi (UMKMK), khususnya di Gorontalo dalam meningkatkan daya saing menjelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN. Salah satu caranya adalah dengan memunculkan produk unggulan daerah yang kompetitif dengan didukung sumber daya.

Demikian benang merah Seminar Nasional Kewirausahaan dan UMKMK serta Bimibngan Teknis Manajamen Usaha yang diadakan Yayasan Bina Citra Insani bekerjasama dengan Perum Jamkrindo di Gorontalo, Provinsi Gorontalo Senin (28/12/2016).

Direktur Perum Jamkrindo R Alizsa Sophia yang hadir sebagai pembicara di dalam acara tersebut mengatakan Perum Jamkrindo sangat konsern terhadap kemajuan UMKMK. “Jamkrindo merupakan BUMN yang bisnis utamanya adalah menjamin kredit bagi pelaku usaha mikro kecil menengah, salah satu infratsruktur yang diperlukan UMKM tentu akses permodalan,” katanya.

Tak hanya itu. Dibutuhkan juga pendampingan untuk UMKM agar mampu mempunyai manajemen yang baik, dan bisa terus meningkatkan daya saing produknya. Apalagi era MEA sudah di depan mata. Mau tidak mau UMKM harus mau berkompetisi dan berdaya saing dengan negara ASEAN lainnya.

Lebih rinci Ketua panitia acara seminar, Yerri Sinubu mengatakan tujuan diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan teknis kewirausahaan di bidang manajemen, teknologi tepat guna, pengemasan produk dan penyusunan proposal usaha. “Selain itu kami juga ingin para entrereneur juga mengerti cara pengajuan perijinan usaha dan kemitraan usaha,” ujarnya.

Acara seminar ini juga didukung sepenuhnya oleh Ketua Komisi XI DPR RI, Fadel Muhammad. Sedangkan Zainal Abidin Umar, Kepala Pusat UMKM dan Kewirausahaan UNG, juga hadir sebagai pembicara.

Source Jamkrindo Dukung Eksistensi dan Daya Saing UKM di Gorontalo

Leave A Reply

Your email address will not be published.