Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated Akan Uji Coba Launcher Gantry untuk Erection Steel Box Girder, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Lakukan Simulasi Pengurangan Jumlah Lajur

36

PRESS RELEASE
PT Jasa Marga (Persero) Tbk.
No. 183/2018 Tanggal 17 Juli 2018

Jakarta, (17/07) Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek akan melakukan simulasi pengurangan lajur di Km 18 sebelum dilakukan uji coba pelaksanaan metode launcher gantry untuk erection steel box girder pada Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated, Selasa (17/7).

Sebagaimana informasi sebelumnya, salah satu lokasi pengerjaan proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated dengan menggunakan launcher gantry adalah di median Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting dari Bekasi Timur ke arah Tambun, sehingga untuk memastikan keamanan, keselamatan, dan gangguan minimal terhadap lalu lintas, akan dilakukan kegiatan komisioning erection steel box girder dengan launcher gantry. Adapun maksud dari pelaksanaan komisioning adalah pengujian atau melakukan pengujian operasional suatu pekerjaan secara real/nyata maupun secara simulasi untuk memastikan bahwa pekerjaan tersebut dapat dilaksanakan dan memenuhi semua peraturan yang berlaku (rule), regulasi (regulations), kode (code) dan sesuai standar (standard) yang telah ditetapkan. Sebelumnya, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated sudah menggunakan tandem crane untuk kegiatan serupa.

Raddy R. Lukman selaku GM Jakarta-Cikampek menyatakan bahwa pelaksanaan simulasi penyempitan lajur di area erection steel box girder yang menggunakan launcher gantry dilakukan pada saat window time. “Simulasi dimaksudkan untuk memastikan apakah metode erection tersebut dapat digunakan dengan mempertimbangkan lalin yang tetap dapat mengalir dan gangguan terhadap arus lalu lintas (lalin) masih dapat ditolerir. Sehingga setelah simulasi dapat diputuskan apakah metode kerja untuk launcher gantry sebagai alat pemasangan erection steel box girder bisa dilanjutkan atau perlu direview kembali,” jelas Raddy.

Untuk simulasi pengurangan lajur, Raddy menjelaskan bahwa akan dilakukan pemberlakuan pengurangan lajur maksimal sebanyak 2,5 lajur ditutup untuk melihat dampak kepadatan yang terjadi saat dilakukan pekerjaan. Pengurangan lajur dilakukan demi keamanan dan keselamatan kerja untuk pekerja proyek dan demi keamanan dan keselamatan lalu lintas bagi pengguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek, mengingat pekerjaan erection steel box girder dengan launcher gantry tersebut termasuk dalam kategori pekerjaan dengan risiko tinggi.

Jasa Marga mohon maaf jika terdapat hambatan lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di sekitar Bekasi Barat sampai Tambun, dan arah sebaliknya selama kegiatan komisioning berlangsung uji coba launcher gantry. Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk dapat mengantisipasi perjalanannya, dan jika terjadi kepadatan maka pengguna jalan dapat menggunakan jalur alternatif. Beberapa jalur alternatif menuju Cikampek yang dapat digunakan pengguna jalan tol yang sudah berada dalam Jalan Tol Jakarta-Cikampek dapat keluar ke jalan arteri melalui Gerbang Tol (GT) Bekasi Barat/Timur dan kemudian masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cibitung, demikian pula dari arah yang sebaliknya.

Antisipasi perjalanan melalui informasi terkini yang dapat diakses melalui:
– Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080
– Twitter @PTJASAMARGA (khusus informasi lalu lintas) dan @official_JSMR (untuk informasi umum lainnya)
– Instagram @official.jasamarga
– Aplikasi Mobile JMCARe yang dilengkapi fitur push notifications.
– Website http://www.jasamarga.com

Keterangan lebih lanjut hubungi :
1. Raddy R. Lukman
General Manager
PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Cabang Jakarta-Cikampek
Jl. Teuku Umar, Sepanjang Jaya, Rawa Lumbu
Bekasi 17114
Telp. 021 8516515
Email: [email protected]

2. Iwan Dewantoro
Pemimpin Proyek
Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated
Kantor Proyek :
Jl. Teuku Umar No.14 RT.03/RW.01
Kelurahan Sepanjang Jaya
Kecamatan Rawa Lumbu
Kota Bekasi
Telp. (021) 8273 8397

3. Fatkhur Rozaq
General Superintendent (Kepala Proyek)
Kontraktor Pelaksana KSO Waskita-Acset
Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated
Kantor Proyek :
Ruko Celebration Boulevard Blok AA5 No. 32, Grand Wisata, Tambun
Telp. (021) 8262 3598

4. Dwimawan Heru
AVP Corporate Communication
PT Jasa Marga (Persero) Tbk.
Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah
Jakarta, 13550
Telp. (021) 841 3526
Email. [email protected]

Source Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated Akan Uji Coba Launcher Gantry untuk Erection Steel Box Girder, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Lakukan Simulasi Pengurangan Jumlah Lajur

Leave A Reply

Your email address will not be published.