Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar Diresmikan Presiden RI

46

Lampung, 21 Januari 2018.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (kode saham: WSKT) sebagai kontraktor telah menyelesaikan proyek jalan tol Bakauheni – Terbanggi Besar Paket 2 Ruas Sidomulyo Kotabaru sepanjang 40,6 kilometer. Ruas Tol pada tahap awal memiliki jumlah lajur (2×2) dan pada tahap akhir memiliki lajur (2×3) dengan lebar lajur 3,60 m, lebar bahu dalam 1,50 m, lebar bahu luar 3,00 m, dan lebar median (termasuk bahu dalam) 5,50 m. Jalan tol Trans Sumatera yang merupakan proyek strategis nasional ini diresmikan operasionalnya oleh Presiden RI, Joko Widodo, Minggu 21 Januari 2018,. di Lampung. Beroperasinya jalan tol ini diharapkan menumbuhkan dan meningkatkan geliat ekonomi dan sosial masyarakat di Sumatera.

“Pembangunan tol ini akan berdampak positif terhadap peningkatan mobilitas masyarakat dan mempercepat arus logistik antar daerah di Sumatera,” ungkap Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk, M. Choliq. Jalan Tol Bakauheni–Bandar Lampung–Terbanggi Besar (Jalan Tol Bakter) adalah jalan tol sepanjang 140,93 kilometer yang rutenya dimulai dari Pelabuhan Bakauheni (Lampung Selatan) hingga Terbanggi Besar (Lampung Tengah).

Jalan tol ini merupakan jaringan dari Jalan Trans-Sumatera dan peresmian dimulainya pembangunan jalan tol dilakukan pada tanggal 30 April 2015 oleh Presiden Joko Widodo. Ruas Jalan Tol ini merupakan salah satu ruas di dalam Jaringan Jalan Tol Trans Sumatera yang ditugaskan langsung oleh pemerintah kepada PT Hutama Karya (Persero) sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Sedangkan pembangunan ruas tol dilakukan oleh  PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, serta PT Adhi Karya (Persero) Tbk melalui skema penugasan dari Kementerian BUMN. Jalan tol ini akan dioperasikan secara bertahap sebelum dilaksanakannya Asian Games 2018.

Source Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar Diresmikan Presiden RI

Leave A Reply

Your email address will not be published.