Jagung Tingkatkan Ekonomi Petani

64

SARADAN, PERHUTANI (5/3/2015) – Bupati Bojonegoro, Suyoto melakukan kegiatan panen raya jagung bersama masyarakat sekitar hutan Desa Bobol Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro di petak 60b masuk wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kaliklampok Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan.

Bupati Bojonegoro, Suyoto menyatakan bahwa kerjasama antara masyarakat dengan Perhutani terus ditingkatkan agar bisa saling menguntungkan.

“Saya berharap agar masyarakat desa Bobol ikut dan mau bekerjasama dalam menjaga kelestarian hutan agar tidak terjadi banjir dan petani hutan harus disiplin dalam memanfaatkan hutan jangan sampai merusak hutan, supaya dibawah tegakan bisa ditanami komoditi yang bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat disekitar hutan” tambahnya

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Administratur Perum Perhutani Saradan, Amas Wijaya, UPTD Kabupaten Bojonegoro, DPR RI Komisi III, Camat Sekar, Muspika dan tokoh masyarakat desa Bobol Kecamatan Sekar Kabupten Bojonegoro.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong/ memberi motivasi kepada masyarakat yang tinggal di sekitar hutan agar peduli dan mau bekerjasama dengan Perhutani dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan dengan ikut menjaga dan melestarikan hutan yang dikelola oleh Perhutani.

Selama ini Perhutani Saradan dengan masyarakat desa Bobol telah menjalin kerjasama dibidang pertanian berupa Pemanfaatan Lahan Dibawah Tegakan (PLDT). Selain padi gogo yang bisa ditanam di bawah tegakan, jagung juga merupakan komoditi pilihan yang nilai ekonominya cukup tinggi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang tinggal di daerah sekitar hutan.

Dari hasil panen raya jagung desa Bobol dalam 1 ha mampu menghasilkan 6,5 ton, jika harga jagung pipilan basah sekarang mencapai Rp. 2.500,- maka bisa dihasilkan Rp. 14.297.000,-/ha.

Dengan kerjasama Perhutani dengan masyarakat desa Bobol dalam pemanfaatan lahan dibawah tegakan (PLDT), ternyata mampu untuk meningkatkan kesejahteraan pada masyarakat Bobol.

Melihat potensi tanaman jagung yang digunakan sebagai bahan baku pakan ternak cukup melimpah, Bupati Bojonegoro yang akrab dipanggil Kang Yoto ini punya rencana untuk mendirikan pabrik pakan ternak sekaligus menjadikan kecamatan Sekar sebagai centra peternakan ayam di daerah Bojonegoro selatan.

Source Jagung Tingkatkan Ekonomi Petani

Leave A Reply

Your email address will not be published.