Itdc Tandatangani Mou Dengan Vinci Construction Untuk Bangun Kompleks Sirkuit Jalan Raya Mandalika

55

Tandatangani MoU untuk pemanfaatan dan pengembangan lahan seluas 120 ha dengan nilai investasi Rp 6 Triliun

Jakarta, 30 Maret 2017 – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengembang dan pengelola kawasan pariwisata Nusa Dua Bali dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika Lombok, terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong percepatan pembangunan KEK Pariwisata Mandalika.  Pada 29 Maret ITDC melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Vinci Construction Grand Projects (VCGP) untuk pemanfaatan dan pembangunan lahan seluas 120 ha di KEK Pariwisata Mandalika, dengan atraksi utama Sirkuit Jalan Raya Mandalika.  Acara penandatanganan disaksikan oleh Presiden Francois Hollande bertempat di Hotel Mandarin Oriental Jakarta.

MoU dengan VCGP menjadi awal dari kerjasama pembangunan Kompleks Sirkuit Jalan Raya Mandalika yang akan menjadi sebuah kompleks terpadu yang mencakup atraksi, amenities, serta infrastuktur di atas lahan seluas 120 ha. Selain mengembangkan infrastruktur jalan raya berikut fasilitas sirkuit baik permanen, semi permanen, maupun non-permanen, serta Convention Centre dengan area balap di dalamya (Race Paddock), kerjasama juga akan mengembangkan hotel, area komersil dan ritel, pusat hiburan, pusat pengobatan atau rumah sakit, serta pengembangan laguna atau teluk buatan yang akan berfungsi sebagai mini marina bagi penonton race yang datang dengan kapal.

Sirkuit Jalan Raya Mandalika yang dibangun dengan standar FIM and FIA ditargetkan dapat mulai beroperasi pada 2019 dan dicanangkan dapat menjadi tuan rumah kejuaraan balap motor dunia seperti MotoGP atau Formula 3.

“Pembangunan Kompleks Sirkuit Jalan Raya Mandalilka akan membawa nilai investasi sebesar hampir Rp 6 triliun dalam kurun waktu lima tahun, merupakan salah satu investasi terbesar di KEK Pariwisata Mandalika. Hal ini menunjukkan komitmen kami dalam mendorong percepatan pembangunan KEK Pariwisata Mandalika melalui perolehan investasi dan mewujudkan kawasan, yang menjadi salah satu program prioritas Pemerintah ini, menjadi destinasi pariwisata kelas dunia, dengan kualitas atraksi, amenities, dan infrastruktur terbaik,” kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer.

VCGP adalah anak usaha Vinci Construction, BUMN Prancis yang bergerak dibidang desain dan konstruksi proyek-proyek infrastruktur besar di seluruh dunia, pemegang konsesi jalan terpanjang di Prancis. Vinci Construction didirikan pada tahun 1899 sebagai Société Générale d’Enterprises dengan jumlah pekerja lebih dari 179.000 orang dan merupakan perusahaan konstruksi terbesar di dunia dari sisi pendapatan.  Kerjasama ITDC dengan VCGP menandai masuknya Vinci Construction ke Indonesia untuk sebuah proyek dengan nilai investasi yang besar.

Kerjasama pembangunan Kompleks Sirkuit Jalan Raya Mandalika menambah lagi progres pembangunan KEK Pariwisata Mandalika.  Lima hotel (Pullman, Club Med, Royal Tulip, Westin dan Element Hotel) memasuki tahap pembangunan pada kuartal pertama dan kedua 2017 dan akan menyediakan kurang lebih 1.200 kamar pada 2019.    Sejumlah pekerjaan infrastruktur yang sedang berjalan adalah konstruksi ruas jalan sepanjang 11 km, penataan taman di dalam kawasan, pembangunan Masjid Mandalika, penataan Pantai Kuta Mandalika, serta infrastruktur dasar kawasan lainnya termasuk pembangunan Kantor Administrasi KEK Pariwisata Mandalika.

Source Itdc Tandatangani Mou Dengan Vinci Construction Untuk Bangun Kompleks Sirkuit Jalan Raya Mandalika

Leave A Reply

Your email address will not be published.