Itdc Selenggarakan Sertifikasi Safety & Defensive Driving Pengemudi Travel Di Kek Pariwisata Mandalika

42

Kuta, 3 November 2017 – Dalam rangka mendukung usaha penataan KEK Pariwisata Mandalika, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengembang dan pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika, menyelenggarakan kegiatan Sertifikasi Safety & Defensive Driving bagi Pengemudi Travel di KEK Pariwisata Mandalika, Jumat-Sabtu, 3-4 November 2017.  Berlokasi di Hotel Segare Anak Kuta dan Lapangan Parkir Masjid Nurul Bilad Kuta Mandalika, kegiatan yang terdiri dari .belajar di kelas pada hari pertama dan ujian praktek pada hari kedua tersebut diikuti 31 peserta yang berasal dari empat kelompok travel yang beroperasi di KEK Pariwisata Mandalika.  Kegiatan sertifikasi diselenggarakan ITDC bekerja sama dengan Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), lembaga yang berwenang dalam mengeluarkan Sertifikat Safety & Defensive Driving bagi para pengemudi kendaraan roda empat dengan klasifikasi tipe mobil minibus seperti Toyota Avanza, Toyota Innova, dan Suzuki APV.

Direktur Strategi Korporasi dan Keuangan, yang juga merupakan Pembina Program Kemitraan dan Bina Lingkungan ITDC Jatmiko K. Santosa, mengatakan, “Dalam mengembangkan dan mengelola KEK Pariwisata Mandalika, ITDC tidak hanya fokus kepada pembangunan dan penataan fisik, tetapi juga pembangunan kualitas masyarakat di dalam kawaan sebagai pelaku wisata.  Selain telah menjadi komitmen kami, hal ini juga sesuai dengan pesan Presiden Joko Widodo saat peresmian beroperasinya KEK 20 Oktober lalu, yaitu untuk selalu melibatkan masyarakat dalam pembangunan industri pariwisata di tempat ini.”

Pengemudi travel merupakan bagian penting dari industri pariwisata, karena pengemudi yang terampil dan selalu mengutamakan keselamatan serta keamanan, dapat memberikan pengalaman wisata yang menyenangkan bagi para wisatawan.  “Melalui pengemudi travel yang terampil dan tersertifikasi, wisatawan akan merasa aman ketika berkendara di Mandalika, sehingga mereka dapat menikmati perjalanan dan memperoleh pengalaman wisata yang menyenangkan di kawasan ini,” tambah Jatmiko.

Kegiatan Sertifikasi Safety & Defensive Driving diikuti pengemudi yang berasal dari tour & travel yang beroperasi di Mandalika, antara lain Mandalika Tour & Travel, Lombok Trasne Tour & Travel, Trans Kuta Lombok, & Cahaya Lombok Wisata Tour. Pada hari pertama kegiatan diisi dengan kelas mengenai teori Safety & Defensive Driving, diantaranya mengenai risiko kecelakaan saat mengemudi, cara dasar mengemudi yang benar, soft skill dan hard skill untuk pengemudi, serta berbagai macam ketentuan dan peraturan yang tepat mengenai kendaraan yang dikendarai oleh pengemudi. Selain itu para pengemudi juga diajarkan bagaimana cara melayani tamu dengan baik saat wisatawan menggunakan jasa-jasa mereka. Kelas diawali dengan pre-test untuk mengukur pengetahuan awal para peserta mengenai Safety & Defensive Driving dan pada akhir kelas ditutup dengan post test mengenai materi Safety & Defensive Driving yang telah mereka peroleh.

Hari kedua diisi dengan ujian praktek lapangan bagi para peserta.  Peserta dituntut untuk dapat mengaplikasikan teori yang telah mereka peroleh dalam ujian praktek yang menggunakan mobil masing-masing tersebut.

Kegiatan Sertifkasi ini menjadi kegiatan pembuka dari rangkaian kegiatan CSR yang dilaksanakan  ITDC dalam menyambut Ulang Tahun Perseroan ke-44 yang jatuh pada tanggal 12 November 2017. Selain kegiatan sertifikasi tersebut akan diselenggarakan juga beberapa kegiatan lainnya seperti Pelatihan Bahasa Inggris untuk Pemuda di Desa Kuta, Workshop Wawasan Pariwisata Bagi Guru dan Pelaku Pariwisata di KEK Pariwisata Mandalika, Pelatihan Sadar Wisata Bagi Pedagang Asongan di KEK Pariwisata Mandalika, dan Sertifikasi Tukang Konstruksi di KEK Pariwisata Mandalika yang merupakan kegiatan-kegiatan bina lingkungan yang melibatkan pelaku pariwisata di KEK Pariwisata Mandalika.

Source Itdc Selenggarakan Sertifikasi Safety & Defensive Driving Pengemudi Travel Di Kek Pariwisata Mandalika

Leave A Reply

Your email address will not be published.