Itdc Peduli Laut, Lakukan Transplantasi Karang Di Perairan The Nusa Dua

42

15 Desember 2017 – Nusa Dua – Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) melakukan transplantasi karang sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian ekosistem pesisir dan laut di Pulau Bali. Transplantasi karang dilakukan di pesisir pantai The Nusa Dua pada hari Jumat (15/12) dengan melibatkan staf dan sukarelawan asing. Sejumlah turis asing yang ikut menyaksikan kegiatan ini di pantai turut memberikan apresiasi terhadap upaya rehabilitasi karang.

Tujuan transplantasi karang adalah untuk menanam kembali karang yang dulu pernah hidup di perairan dangkal The Nusa Dua, memperbaiki ekosistem yang rusak, meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran terumbu karang, serta dalam rangkaian menyambut perayaan HUT ITDC ke-44.

Berbagai jenis karang keras dari genus acropora, montipora, porites, stylopora dan favites ditransplant pada 11 struktur jaring laba-laba (spider’s) dengan cara diikat menggunakan kabel tis. Karang transplantasi kemudian ditempatkan di bawah laut pada lokasi Coral Garden di kedalaman sekitar 3 meter (saat air pasang tertinggi) dan 1,20 meter (saat surut rendah). Lokasi Coral Garden sekitar 150 meter dari bibir pantai The St. Regis Bali Resort. Coral Garden mulai dikembangkan pada pertengahan tahun 2016 sebagai upaya pemulihan karang yang mati akibat dampak pemutihan karang global yang dipicu meningkatnya suhu permukaan air laut dan untuk memperbaiki ekosistem terumbu karang yang hancur akibat praktek penambangan karang di masa lalu. Sebagaimana diketahui, sebelum kawasan resort The Nusa Dua dibangun, masyarakat lokal menambang karang sebagai bahan bangunan. Praktek ini berhenti seiring dengan berdirinya ITDC dan pembangunan hotel-hotel dimulai. Penambangan karang mengakibatkan kehancuran ekosistem terumbu karang di area laguna yang sangat dipengaruhi pasang surut air laut.

Area pesisir The Nusa Dua merupakan habitat penting terumbu karang dan padang lamun. Kedua ekosistem terkait ini berperan penting secara ekologi maupun ekonomi. Terumbu karang merupakan  habitat biota laut, sumber makanan, sebagai pelindung pantai dan penghalang gelombang besar, sumber obat-obatan, bahan baku industri dan perhiasan, serta sebagai obyek wisata. Upaya transplantasi karang ini diharapkan dapat mengembalikan sebagian ekosistem terumbu karang yang telah rusak dan diharapkan dapat menjadi obyek wisata baru di dalam kawasan The Nusa Dua.

Kegiatan transplantasi karang merupakan kerjasama ITDC dengan Nusa Dua Reef Foundation dan Mars Sustainable Solution (bagian Mars Syimbioscience).

Source Itdc Peduli Laut, Lakukan Transplantasi Karang Di Perairan The Nusa Dua

Leave A Reply

Your email address will not be published.