Itdc Peduli Korban Banjir Kuta Mandalika

48

(Kuta, 04 Februari 2017) Hujan yang mengguyur wilayah Kuta, Pujut, Lombok Tengah sejak Senin, 31 Januari 2017 mengakibatkan beberapa Dusun di Kuta tergenang banjir. Dusun yang terkena genangan banjir tersebut adalah Baturiti, Kuta 1, Megalung, Ketapang, Rangkep 2, Ujung Daye, Ebunut, dan Ujung Lauk. Beberapa tiitk di Dusun Ujung Lauk, ketinggian banjir mencapai ketinggian dada orang dewasa, sehingga beberapa warga di Ujung Daye terpaksa mengungsi di posko pengungsian. Melihat kondisi ini, ITDC selalu pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika, yang didalamnya juga mencakup wilayah Desa Kuta, tidak tinggal diam.

Beberapa tim lapangan ITDC turun ke lokasi banjir lebih awal untuk mengetahui kondisi banjir dan mencari penyebab terjadinya banjir. Tim ITDC bekerjasama dengan warga berhasil menemukan penyebab banjir yaitu tersumbatnya saluran air oleh pohon-pohon yang tumbang. Tim ITDC langsung melakukan gerak cepat untuk mengatasi tersumbatnya saluran air tersebut, dengan meurunkan alat berat untuk mengatasi tersumbatnya saluran air tersebut.

Permasalahan belum teratasi sampai disini. Akibat dari banjir ini, 125 rumah warga tergenang air dan sebanyak 10 KK telah mengungsi di posko kesehatan. Sisa KK yang lain masih bertahan di rumah mereka dengan memanfaatkan berugak dan tidur di atas meja dengan alasan menjaga keamanan ternak yang mereka miliki. Beberapa permasalahan sudah mulai dikeluhkan oleh warga. Keluhan yang muncul dari warga adalah mengenai kesehatan mereka yang mulai terganggu dan ketersediaan air bersih di lokasi. Melihat kondisi ini ITDClangsung mengambil langkah tindakan untuk menangani permasalahan ini. ITDC memberikan bantuan yangberupa Obat-obatan, Sembako, selimut, dan tangki air bersih yang dapat digunakan oleh para korban banjir. Pemberian bantuan ini adalah sebagai wujud kepedulian ITDC terhadap kondisi dan situasi lingkungan KEK Pariwisata Mandalika.

Wakil Direktur Utama ITDC yang juga membawahi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan atau CSR dari ITDC, Jatmiko K. Santosa, berharapkegiatan-kegiatan dan aksi sosial yang dilakukan oleh ITDC dapat bermanfaat bagi masyarakat korban banjir serta sekaligus mempererat silahturahmi ITDC dengan masyarakat sekitar KEK Pariwisata Mandalika.

Contact Person :

Sagung Masayu (087861307544)

Cintya Juwita (087861973974)

Source Itdc Peduli Korban Banjir Kuta Mandalika

Leave A Reply

Your email address will not be published.