Itdc Lakukan Simbolisasi Penyerahan Uang Kerahiman

59

1 April 2017

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika, menunjukkan keseriusannya untuk membayarkan uang kerahiman bagi penggarap tanah negara seluas 109,59 Ha di KEK Pariwisata Mandalika. Simbolisasi penyerahan uang kerahiman tersebut dilakukan pada Sabtu 1 April 2017, dalam sebuah acara di Kantor sementara ITDC di Rumah Mutiara Indonesia Praya Lombok, yang dihadiri oleh Menko Kemaritiman RI Luhut Binsar Pandjaitan, Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat Dr. TGH M. Zainul Majdi, Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. Firli, M.Si, Komandan KOREM 162 Wira Bhakti Kolonel Inf. Farid Makruf, MA, dan jajaran Direksi ITDC serta perwakilan penerima uang kerahiman.

Dalam sambutannya, Menko Maritim RI Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi gerak ITDC dalam menyelesaikan pembayaran uang kerahiman dan mengharapkan pembayaran uang kerahiman selesai pada bulan April 2017. Beliau menekankan bahwa Presiden selalu mengutamakan kepentingan rakyat sehingga rakyat dihimbau untuk mendukung setiap program penataan yang dilakukan di Daerah.

Menko Maritim juga menghimbau secara khusus agar setelah pembayaran uang kerahiman selesai, tidak lagi terjadi persengketaan yang mengganggu pembangunan KEK Pariwisata Mandalika. Sekarang ini di KEK Pariwisata Mandalika sejumlah pekerjaan infrastruktur sedang berjalan, antara lain konstruksi ruas jalan sepanjang 11 km, penataan taman di dalam kawasan, pembangunan Masjid Mandalika, penataan Pantai Kuta Mandalika, serta infrastruktur dasar kawasan lainnya termasuk pembangunan Kantor Administrasi KEK Pariwisata Mandalika. Lima hotel (Pullman, Club Med, Royal Tulip, Westin dan Element Hotel) memasuki tahap pembangunan pada kuartal pertama dan kedua 2017 dan akan menyediakan kurang lebih 1.200 kamar pada 2019.   Baru-baru ini, ITDC juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan BUMN asal Prancis, Vinci Construction, untuk kerjasama pembangunan Kompleks Sirkuit Jalan Raya Mandalika senilai kurang lebih Rp 6 Triliun.

KEK Pariwisata Mandalika diproyeksikan mampu menampung tenaga kerja lebih dari 20.000 orang, sehingga Menko Maritim berharap agar warga di sekitar kawasan mengarahkan pendidikan putra-putrinya ke bidang-bidang yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan kawasan.  Dengan demikian warga sekitar dapat menjadi tenaga kerja yang potensial nantinya di KEK Pariwisata Mandalika. Beliau juga menghimbau Bupati dan SKPD Lombok Tengah supaya tidak memberi ijin pembangunan di luar perencanaan Master Plan KEK Pariwisata Mandalika yang sudah ditetapkan ITDC.

Penyerahan secara simbolis uang kerahiman diberikan kepada 10 orang perwakilan penggarap tanah sebesar Rp 2,83 Milyar.

Source Itdc Lakukan Simbolisasi Penyerahan Uang Kerahiman

Leave A Reply

Your email address will not be published.