Itdc: Bumn/Bumd Terbaik Pada Anugerah Cinta Karya Bangsa 2016

86

20 Desember 2016

Di penghujung 2016, ITDC kembali menerima penghargaan.  Kali ini adalah Anugerah Cinta Karya Bangsa 2016 yang diberikan oleh Kementerian Perindustrian kepada instansi Pemerintah/Sentral Daerah dan BUMN/BUMD yang memberikan perhatian dalam penggunaan produksi dalam negeri.

ITDC menjadi yang terbaik dengan meraih peringkat I Anugerah Cinta Karya Bangsa kategori BUMN/BUMD.  Penghargaan diserahkan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, kepada Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer, pada acara Penghargaan Bidang Industri tahun 2016 bertempat di Gedung Kementerian Perindustrian, 20 Desember 2016 lalu.

Sebagai BUMN/BUMD terbaik yang mendorong optimalisasi penggunaan produksi dalam negeri, ITDC telah menunjukkan komitmen terhadap pemanfaatan produk dalam negeri melalui kebijakan-kebijakan usahanya.  Hal ini sesuai dengan dengan penilaian terhadap 4 indikasiskor oleh Tim Juri Anugerah Cinta Karya Bangsa, yang mencakup Komitmen, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pelaporan.

Komitmen ITDC antara lain ditunjukkan melalui perjanjian kerjasama yang mewajibkan investor untuk membangun hotel dan fasilitas pariwisata di Nusa Dua dengan nuansa arsitektur lokal, berwawasan lingkungan, dan menghormati sosial.  Perencanaan ditunjukkan melalui pembangunan kawasan dengan fasilitas yang sedapat mungkin tidak merusak lingkungan dan pemanfaatkan bahan dasar bangunan yang mengutamakan pemanfaatan bahan-bahan yang di sekitar proyek.  Sedangkan pelaksanaan ditunjukkan oleh keterlibatan design committee yang independen, dan pelaporan ditunjukkan melalui pelaporan bulanan oleh Bagian Pengadaan Barang dan Jasa ITDC kepada Direksi, yang selanjutnya disampaikan kepada Dinas Perindustrian Provinsi, mengenai penggunaan produk dalam negeri.

Selain itu, ITDC juga secara konsisten mengkampanyekan pentingnya pemanfaatan produk dalam negeri melalui penyelenggaraan pameran cendera mata etnik setiap tahun dalam event Nusa Dua Fiesta.

Kebijakan ITDC tersebut telah memberikan manfaat yang sangat luas kepada masyarakat seperti penyerapan tenagakerja, serta peluang usaha khususnya pemanfaatan bahan bangunan yang ada di Indonesia.

Seleksi Anugerah Cinta Karya Bangsa diikuti oleh 132 instansi, yang kemudian sebagai hasil akhirnya dikaruniakan kepada 15 instansi saja, yang terdiri 3 Kementerian/Lembaga, 3 Pemerintah Provinsi, 3 Pemerintah Kabupaten/Kota, 3 BUMN/BUMD serta 3 Badan Hukum Pendidikan.

Source Itdc: Bumn/Bumd Terbaik Pada Anugerah Cinta Karya Bangsa 2016

Leave A Reply

Your email address will not be published.