Itdc Bayarkan Uang Kerahiman Kepada Penggarap Tanah Negara Di Kek Pariwisata Mandalika

43

5 Mei 2017

ITDC menunjukkan komitmennya dalam mendorong percepatan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika, dengan melakukan pembayaran uang kerahiman kepada para penggarap tanah negara di KEK Pariwisata Mandalika.  Menyusul terbitnya Surat Perintah Bayar dari Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) kepada ITDC dan selesainya proses kelengkapan administrasi, ITDC telah membayarkan uang kerahiman tahap pertama sebesar total Rp. Rp.12.485.565.000.- kepada 24 orang penggarap, disusul uang kerahiman tahap kedua sebesar Rp 10.656.000.000,- kepada 25 orang penggarap.  Pembayaran tahap pertama dilaksanakan pada 20 April 2017 kepada 14 orang dan pada 27 April 2017 kepada 10 penggarap, sedangkan pembayaran tahap kedua dilaksanakan pada 27 April 2017.

Pembayaran dilakukan dengan penyerahan buku tabungan kepada masing-masing penggarap dan penandatanganan Berita Acara oleh masing-masing penggarap penerima.  Semua penggarap yang menerima pembayaran telah memiliki kesesuaian administrasi antara surat perintah bayar Gubernur NTB kepada ITDC, dengan data administrasi di Bank yang ditunjuk untuk melakukan pembayaran, juga telah melalui proses pengecekan data yang melibatkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Direktur Pengembangan ITDC, Edwin Darmasetiawan, mengatakan, “Kelengkapan proses administrasi para penerima uang kerahiman merupakan proses yang harus dijalankan secara cermat oleh ITDC sebagai pelaksana pembayaran kerahiman, untuk menghindari akibat hukum di kemudian hari. “

Pemberian uang kerahiman oleh ITDC kepada para penggarap tanah negara didasari pada kebijakan Pemerintah Pusat dalam menyelesaikan klaim tanah di KEK Pariwisata Mandalika seluas 109,59 hektar.  Para penerima uang kerahiman ditetapkan oleh Gubernur NTB berdasarkan rekomendasi dari Tim Verifikasi yang terdiri dari Tim Lapangan yang dikoordinir Bupati Lombok Tengah dan Tim Percepatan Penyelesaian Lahan Mandalika (tingkat Pemprov NTB) yang diketuai Kapolda NTB. Nama-nama penerima uang kerahiman tersebut kemudian dicantumkan di dalam Surat Perintah Bayar Gubernur NTB kepada ITDC, yang menjadi syarat administrasi pertama dalam memasuki proses pembayaran. Selanjutnya pembayaran dilakukan setelah proses kelengkapan administrasi selesai dan setelah mendapatkan approval dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Edwin Darmasetiawan menegaskan bahwa dengan dibayarkannya dana kerahiman kepada para penggarap lahan negara tersebut, dukungan semua pihak di NTB kepada percepatan pembangunan KEK Pariwisata Mandalika diharapkan semakin bertambah. Pembangunan salah satu proyek strategis Pemerintah ini akan memberikan multiplier effect sangat signifikan bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Lombok Tengah dan NTB, termasuk penyediaan lapangan kerja baru bagi sekitar lima ribu pekerja dalam lima tahun ke depan.   Industri kreatif masyarakat juga akan tumbuh pesat sejalan dengan meningkatnya kebutuhan suplai bahan-bahan yang  diperlukan untuk operasional properti-properti yang berdiri di KEK pariwisata Mandalika seluas 1.175  hektar tersebut.

Pembayaran dana kerahiman sendiri akan dilanjutkan ke tahap ketiga sesuai Surat Perintah Bayar Gubernur NTB kepada ITDC yang saat ini sedang dalam proses kelengkapan administrasi yang diperlukan.

Source Itdc Bayarkan Uang Kerahiman Kepada Penggarap Tanah Negara Di Kek Pariwisata Mandalika

Leave A Reply

Your email address will not be published.