Itdc Awali Pengembangan Community Based Tourism Di Bali Non Selatan Dengan Bina Desa Wisata Pinge

58

15 November 2016

Bersinergi dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC), PT Patra Jasa (Patra Jasa), PT Bank Tabungan Negara (BTN), dan PT Semen Indonesia, ITDC merangkul  Desa Wisata Pinge di Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali, sebagai desa wisata binaan sinergi BUMN. Kerjasama pengembangan desa wisata tersebut telah diawali dengan penandatanganan MOU antara kelima BUMN dengan Kepala Desa Pinge, serta penandatanganan prasasti oleh Menteri BUMN, Rini M. Soemarno, pada 11 November 2016.

Program pengembangan Desa Wisata Pinge dilaksanakan untuk menyambut gagasan konsep pariwisata yang disampaikan Presiden Joko Widodo, yaitu memadukan potensi desa dengan pariwisata untuk mengangkat perekonomian rakyat.

Desa Pinge adalah salah satu desa yang telah ditetapkan Pemkab Tabanan sebagai desa wisata. Terletak 500 meter di atas permukaan laut, Desa Pinge memiliki luas 145 ha dan terdiri dari 160 Kepala Keluarga atau 810 jiwa penduduk.  Dengan pesona alam yang memikat dan kekayaan budaya seperti kerajinan ukir, kerajinan alat musik, kuliner lokal dan tari, Desa Pinge memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi wisata andalan di Bali Utara pada masa mendatang.

Dalam program pengembangan Desa Wisata Pinge, sinergi BUMN melakukan perbaikan sarana dan prasarana pariwisata seperti Tourist Information Center (TIC), perbaikan fasilitas seperti peningkatan kualitas homestay, serta pendampingan berkesinambungan kepada masyarakat terkait hospitality, manajemen dan pelatihan pemasaran. Juga akan dibangun Balkondes sebagai sarana masyarakat menampilkan keunggulan-keunggulan desa.

Pembinaan Desa Wisata Pinge akan menjadi langkah awal pengembangan community based tourism oleh Sinergi BUMN yang dikoordinasi oleh ITDC.  ITDC juga akan mendorong community based tourism dapat menjadi tulang punggung pemerataan pengembangan pariwisata Bali Non Selatan.

Source Itdc Awali Pengembangan Community Based Tourism Di Bali Non Selatan Dengan Bina Desa Wisata Pinge

Leave A Reply

Your email address will not be published.