ISI Surakarta Dan Perhutani Latih Masyarakat Desa Hutan Telawa

22

TELAWA, PERHUTANI (29/09/2016) | Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta melatih Masyarakat Desa Sekitar Hutan wilayah Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Telawa untuk lebih kreatif dengan memanfaatkan ranting kayu menjadi beberapa furniture yang cantik dan bernilai ekonomi tinggi di Kelurahan Sambeng, Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali. Sabtu (24/9).

Ketua Penyelenggara ISI Surakarta, Sumarno selaku inisiator dan Ketua Peneliti Sri Hesti Heriwati yang didukung pula oleh Kementrian Riset, Teknologi & Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Perhutani KPH Telawa dan PROPAN Paint,

Yang melatarbelakangi kegiatan berbagi ilmu dari ISI Surakarta ini adalah bahwa secara ekonomi masyarakat sekitar hutan masih tertinggal dan secara hukum pun rentan. Bahan baku tersedia di sekitar hutan cukup banyak . Gagasan yang luar biasa dari ISI Surakarta disambut baik oleh Perhutani KPH Telawa.

Administrtur Perhutani Telawa, Denny Rafidin berharap kegiatan semacam ini dapat berkesinambungan tidak hanya kepada warga Kelurahan Sambeng Juwangi saja, tetapi dapat dibagikan kepada desa-desa sekitar hutan lainnya, karena pangkuan Desa Sekitar Hutan Perhutani KPH Telawa ada 68 desa.

“Jika masyarakat sekitar hutan ini sudah mandiri dengan ketrampilan-ketrampilan industri harapannya akan mengurangi ketergantungan hidupnya di hutan’ tambahnya.

Source ISI Surakarta Dan Perhutani Latih Masyarakat Desa Hutan Telawa

Leave A Reply

Your email address will not be published.