Invetasi Patungan Pelindo I Dengan Swasta Kembangkan KEK Arun Lhoksemawe

28

13 February 2018 — Pemerintah terus melakukan dorongan investasi untuk pemerataan ekonomi. Salah satunya di Kawasan Ekonomi Khusus Arun Lhoksumawe. Paling tidak, perusahaan pelat merah PT Pelindo I sudah mulai bergerak dengan menggandeng empat calon investor.

Paling tidak, sudah ada sinyal kerjasama Pelindo 1 dengan PT Aceh Makmur Bersama, mencakup pembangunan tangka timbun CPO dengan progress 40% dan beroperasi pada Mei 2018. Selanjutnya akan dikembangkan pengolahan turunan CPO di atas lahan seluas hingga 1,95 ha dan diharapkan mulai beroperasi awal 2019.

Kerja sama lainnya, Pelindo 1 dengan PT Sinergi Tangguh Alam Raya (PT STAR), yang merupakan perusahaan penanaman modal asing ini bergerak di bidang usaha plywood, dengan target pembangunan Juni 2018.

Selain itu, Pelindo 1 dengan PT East Continent Gas Indonesia yang merupakan, Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan bidang usaha LPG Pressurised dan pabrik bottling LPG, yang ditargetkan mulai dibangun pada Juni 2018.

Dan Pelindo 1 dengan PT Prosperity Building Material. Penanaman Modal Asing (PMA) yang akan melakukan usaha di bidang logistik pengantongan semen, yang akan mulai dibangun Juni atau September 2018 dan mulai beroperasi awal 2019.

Menteri Koordinator Perekonomina Darmin Nasution turut mengapresiasi atas perkembangan yang telah dicapai KEK Arun Lhokseumawe.  KEK Arun Lhokseumawe akan berkembang cepat, terlebih masalah lahan yang selama ini menjadi kendala pengembangan telah rampung.

“KEK Arun Lhokseumawe beruntung karena lahannya dari awal sudah beres. Ini adalah lahan negara yang kemudian dimasukkan untuk dikembangkan menjadi KEK,” ujarnya.

Lebih lanjut, Darmin mecermati bahwa negara tetangga pun telah mengembangkan kawasan ekonomi di sepanjang Selat Malaka seperti PSA Singapore, Iskandar (IRDA), Port Klang, Port Carey dan Port Pelepas.

Oleh karena itu, dirinya meminta peran aktif Administrator KEK Arun Lhokseumawe dalam mengundang investor untuk datang. “Kita harus lebih menarik dari mereka, seperti pelayanan perizinan investor. Dengan demikian tujuan percepatan pengembangan industri di luar Jawa bisa terlaksana,” kata Darmin.
Source Invetasi Patungan Pelindo I Dengan Swasta Kembangkan KEK Arun Lhoksemawe

Leave A Reply

Your email address will not be published.