INVESTOR REALISASI INVESTASI RP 1,2 TRILIUN DI THE MANDALIKA

31

MANDALIKA, 18 April 2018 – Pada hari ini investor kembali merealisasikan investasinya di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika / The Mandalika. Realisasi investasi sebesar Rp 1,2 triliun dilakukan oleh EBD Paragon yang bekerjasama dengan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PT PP) dan PT PP Property Tbk melalui Ground Breaking atau peletakan batu pertama pembangunan Paramount Lombok Resort & Residences. Ground Breaking resort berkelas internasional tersebut disaksikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Deputi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo, manajemen PT Pengelolaan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai pengembang The Mandalika.

Pembangunan Paramount Lombok Resort & Residences merupakan salah satu proyek berskala besar di The Mandalika. Resort yang dibangun di atas lahan seluas 7,65 ha dan akan menyediakan lebih dari 500 kamar ini ditargetkan selesai dan beroperasi pada 2020.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan, “Ground Breaking pembangunan Paramount Lombok Resort & Residences memperlihatkan antusiasme investor untuk merealisasikan rencana investasinya, masuknya investasi asing melalui Foreign Direct Investment (FDI), serta adanya kepercayaan dari investor terhadap komitmen ITDC dalam melakukan percepatan pengembangan KEK Mandalika. Selain itu, masuknya investasi PT PP Properti Tbk dan penunjukan PT PP (Persero) sebagai kontraktor melalui proyek Paramount Lombok Resort & Residences ini, merupakan wujud nyata sinergi BUMN dalam pengembangan The Mandalika.”

Pembangunan Paramount Lombok Resort & Residences mengikuti sejumlah pembangunan hotel berbintang berskala internasional di The Mandalika yang telah dimulai sebelumnya, seperti Hotel Pullman dan Hotel Royal Tulip. Hotel Pullman berkapasitas 270 kamar telah mulai dibangun pada Oktober 2017 dan Hotel Royal Tulip berkapasitas 198 kamar telah melakukan ground breaking pada 26 Maret 2018. Berikutnya, akan dilakukan pembangunan Hotel X2 yang direncanakan berkapasitas 240 kamar, Club Med Hotel erkapasitas 350 kamar, Hotel Grand Mercure berkapasitas 342 kamar, Aloft by Marriot berkapasitas 173 kamar dan sejumlah hotel lain.

Secara keseluruhan, hingga kini, ITDC telah berhasil mendapatkan komitmen investasi senilai total Rp13,5 triliun untuk pembangunan The Mandalika. Selain investasi hotel dan resort, ITDC juga telah meraih komitmen Vinci Grand Projets, bagian dari Vinci Group, perusahaan kontraktor dan operator airports terbesar dunia asal Perancis, untuk mengembangkan Mandalika Street Race Circuit Cluster yang akan menjadi venue balap kelas dunia MotoGP. Proyek Cluster Sport & Entertainment seluas 120 hektare tersebut termasuk pembangunan 7 hotel, convention center, rumah sakit dan fasilitas lain yang akan melengkapi akomodasi berkelas internasional di The Mandalika.

Sementara dari sisi penyerapan tenaga kerja, secara bertahap diperkirakan dalam lima tahun ke depan, KEK Mandalika akan mampu menyerap hampir 5000 orang tenaga kerja. Dalam jangka panjang, diproyeksikan pengembangan The Mandalika dapat menarik tenaga kerja mencapai 56 ribu orang hingga tahun 2030.

Source INVESTOR REALISASI INVESTASI RP 1,2 TRILIUN DI THE MANDALIKA

Leave A Reply

Your email address will not be published.