Inovasi Pelindo III yang Menginspirasi

41

29 April 2016

Semarang – Pasca PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mendapatkan penghargaan dalam bidang layanan publik yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN–RB, beberapa instansi telah melakukan kunjungan untuk mengetahui lebih banyak tentang bagaimana Pelindo III mengembangkan sistem pelayanan publik yang baik.

Seperti pada Jumat (29/4), rombongan dari Diklat Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan LXXII yang diikuti para pejabat struktural eselon IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak mengunjungi Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, yang dikelola Pelindo III. Kunjungan tersebut  khusus untuk mengetahui secara langsung bagaimana Pelindo III mengembangkan serta menjalankan sistem polder dan drainase yang mampu mengatasi meluapnya air laut pasang (rob) di lingkungan pelabuhan tersebut.

“Kami memang sangat tertarik setelah melihat booth Pelindo III saat pameran di Surabaya,” ungkap Hadi Waluyo, Kepala Kantor Diklat dan Litbang Kabupaten Demak., di sela kunjungan. Menurutnya inovasi yang dilakukan oleh Pelindo III tersebut benar – benar memberikan motivasi agar dia dan rekan rekannya senantiasa mengembangkan pelayanan publik yang semakin baik.

“Kami juga berharap bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” sambung Hadi.

Kunjungan dengan tema Visitasi Integritas dan Inovasi tersebut diterima oleh Manager  Komersial Pelindo III Tanjung Emas, Johanes Wahyu H. Setelah sebelumnya makan siang bersama, acara dilanjutkan dengan pemaparan secara singkat mengenai profil Pelindo III dan dilanjutkan dengan penjelasan tentang sistem polder di Tanjung Emas.

“Jadi banjir rob yang dulu selalu menggenangi Tanjung Emas, sekarang sudah tidak akan bapak ibu jumpai lagi,” tutur Wahyu saat menutup paparan.

Selanjutnya suasana hangat khas bincang – bincang santai tercipta saat dibuka sesi tanya jawab. Banyak di antara para peserta yang mengapresiasi atas inovasi yang dilakukan oleh Pelindo III, selain yang menanyakan terkait dengan sistem polder itu sendiri. Agar lebih puas dan dapat melihat secara langsung bagaimana sistem polder bekerja, para peserta diajak melihat langsung bendungan yang dibangun di sekitar dermaga, rumah pompa, kolam retensi, serta terminal penumpang kapal laut yang nyaman yang dibangun Pelindo III di pelabuhan gerbang ekonomi Provinsi Jawa Tengah terserbut.

Source Inovasi Pelindo III yang Menginspirasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.